32.5 C
Jakarta
14 Mei 2024
Senja News
AlamNasionalNews

Data Kerusakan Bangunan di Jawa Barat akibat Gempa di Garut

Senja News – Gempa berkekuatan magnitudo 6.5 yang terjadi pada kedalaman 10 km di wilayah Kabupaten Garut, , telah berdampak di beberapa daerah lain, terutama di Jawa Barat. Hadi Rahmat, Pranata Masyarakat Ahli Muda BPBD Jawa Barat, menyatakan bahwa gempa yang terjadi pada 27 April 2024 sekitar pukul 23.29 WIB itu sangat terasa dan berdampak di beberapa wilayah di Jawa Barat.

Wilayah yang merasakan guncangan termasuk Kabupaten Garut, , Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota , Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, hingga Kota Cimahi.

Berdasarkan yang masuk ke BPBD Jawa Barat, guncangan gempa menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan di sejumlah wilayah. Di Kabupaten Tasikmalaya, Gedung Kabupaten Tasikmalaya di Kecamatan Mangunreja mengalami kerusakan sedang, sementara satu permanen di Kecamatan Sodonghilir mengalami kerusakan sedang pada bagian dapur.

Sebuah di Kecamatan Cisayong mengalami kerusakan ringan, sedangkan sebuah rumah permanen di Kecamatan Manon Jaya mengalami kerusakan sedang. Di Kecamatan Sukarame, Gedung RS SMC dan Gedung Jabalnur mengalami kerusakan ringan. Selain itu, sebuah rumah mengalami kerusakan sedang di Kecamatan Sukarame, dan dua rumah mengalami kerusakan ringan dan sedang di Kecamatan Cigalontang.

Di Kabupaten Garut, kerusakan meliputi satu fasilitas RSU Pamengpeuk, sebuah rumah dan tembok yang ambruk di wilayah Cilawu, serta dua bangunan yang terdampak di Talegong. Selain itu, empat unit rumah mengalami kerusakan di Sukawening, satu rumah mengalami kerusakan di Sucinaraha, dan dua rumah terdampak rusak di kota Garut.

Di Kabupaten , sebuah rumah roboh di Desa Citatah, dan sebuah rumah ambruk di . Di Kabupaten Sukabumi, sebuah masjid di Kecamatan Gegerbintung, Desa Cijurey, mengalami kerusakan pada plafonnya, sedangkan di Kampung Loji, sebuah rumah ambruk dan mengalami kerusakan berat.

Kerusakan juga terjadi di Kabupaten Ciamis, di mana satu mengungsi di Kecamatan Banjar Anayar, dan satu rumah dilaporkan mengalami kerusakan ringan. Di Kecamatan Banjar Sari, enam rumah mengalami kerusakan ringan, dan di Kecamatan Ciamis, satu keluarga mengungsi karena trauma.

Total terdampak di Kabupaten Ciamis mencakup lima kecamatan, tujuh desa, dan delapan dusun, dengan 12 rumah terdampak, satu orang luka ringan, dan empat kepala keluarga mengungsi.

Di Kota Tasikmalaya, tiga rumah ambruk di Kecamatan Cibereum, satu rumah ambruk di Kecamatan Tamansari, dan satu rumah ambruk di Kecamatan Indihiang. Di Kabupaten Bandung, satu rumah dilaporkan mengalami kerusakan ringan. Beberapa kecamatan lainnya seperti Kertasari, Pangalengan, Cicalengka, Ciamaung, dan Arjasari juga terdampak, meskipun bentuk kerusakannya belum diketahui.

Di Kabupaten Pangandaran, sebuah rumah mengalami kerusakan ringan, sementara di Kabupaten Purwakarta, sebuah rumah mengalami kerusakan sedang di Desa Bojong. Di Kota Cimahi, plafon SMP di Kecamatan Cimahi Selatan ambruk dan menimpa satu mobil.

Korban terdampak gempa di Kabupaten Garut meliputi dua orang luka di Pameungpeuk (satu dewasa dan satu ), dan satu orang luka di Cisompet. Di Kabupaten Tasikmalaya, satu orang luka dilaporkan. Hadi Rahmat menyatakan bahwa kondisi terakhir masih dalam pendataan, sehingga data masih bersifat dinamis dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Rekomendasi

Pemkot Bogor Mengambil Langkah Pembatasan Kegiatan Study Tour Pasca Kecelakaan Bus di Subang

vina

Kata Media Asing soal Kecelakaan di Subang, Soroti Buruknya Standar Keselamatan di Indonesia

vina

Murid SMK Lingga Kencana Bayar Rp 800 Ribu untuk Acara Perpisahan di Bandung

vina

Momen Spesial saat Putri Lina Jubaedah-Teddy Pardiyana Hadir di Pernikahan Rizky Febian

vina

Kisah Liza: Mencari Keluarga yang Hilang setelah “Galodo” Melanda Sumatera Barat

vina

Afrika Selatan: Saatnya Palestina Menjadi Merdeka

vina
Memuat....