29.2 C
Jakarta
24 Juli 2024
Senja News
Kuliner

Iseng Membuat Makanan Ringan, Yuk!: Resep Kue Pastel Basah

Iseng Membuat Makanan Ringan, Yuk!: Resep Kue Pastel Basah

Resep Kue Pastel Basah, Senja News atau yang biasa disebut dengan karipap ini merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang terbagi menjadi pastel kering dan pastel basah. Perbedaannya terletak pada ukuran serta isian pastel. Pastel basah adalah jenis pastel yang paling banyak dijumpai, yaitu pastel berukuran besar yang biasanya diisi oleh sayur, dan cara masaknya pun digoreng dengan Sementara pastel kering adalah pastel berukuran kecil atau mini, dan biasanya diisi dengan abon atau ebi kering. Cara pastel kering pun menggunakan oven, sehingga berbeda dengan pastel basah.

Kini pastel basah sudah bervariasi dari segi isiannya. Pastel basah yang dulunya hanya berisi sayur seperti dan wortel, kini banyak pastel basah yang diisi oleh telur, smoked beef, mayonnaise, dan lain-lain.

Rasa pastel yang netral menjadikannya mudah untuk dikreasikan, sehingga menjadi salah satu favorit ibu-ibu saat membuat ringan pada acara-acara kecil di rumah. Kali ini kami akan memberikan kue pastel basah, beserta cara membuat kue pastel basah yang baik dan benar. Yuk, simak artikel berikut ini!

 

Bahan-Bahan Kulit:

– 175 gram tepung terigu berprotein rendah

– 40 gram margarin

– 50 ml panas

– 35 ml

– garam secukupnya

 

Bahan-Bahan Isian:

– 100 gram daging cincang

– 75 gram bihun, direndam menggunakan air panas

– 2 wortel, dipotong dadu kecil

– 1 buah daun bawang

 

Bahan-Bahan Bumbu, haluskan:

– 2 siung

– 1 siung bawang merah

– garam, gula, dan merica secukupnya

 

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama dalam resep kue pastel basah ini adalah mengolah bahan isian kue pastel. Panaskan minyak terlebih dulu, lalu saat sudah panas, masukkan bahan-bahan bumbu yang sebelumnya sudah dihaluskan. Setelah itu, tumis hingga bahan-bahan tersebut harum.
  2. Setelah harum, masukkan daging cincang ayam dan masaklah hingga matang serta berubah warna.
  3. Langkah ketiga, masukkan wortel, kemudian aduk sebentar hingga wortel layu. Setelah itu, masukkan bihun yang sudah direndam sebelumnya, kemudian masukkan juga daun bawang, dan berikan garam, merica serta gula secukupnya. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata dan matang. Sisihkan.
  4. Sambil menunggu bahan isian menjadi dingin, kini kita buat bagian kulit kue pastelnya. Langkah pertama, masukkan margarin ke dalam air panas yang sudah disiapkan, lalu aduk hingga mentega meleleh di dalam air panas. Setelah margarin meleleh, masukkan garam serta minyak goreng, kemudian aduk lagi hingga merata.
  5. Jika bagian margarin sudah rata, masukkan ke dalam wadah lain berisi tepung terigu secara perlahan dan masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Masukkan semua bagian margarin dan biarkan bercampur dengan tepung terigu, hingga terbentuk adonan yang kalis dan tidak terasa lengket di tangan. Sisihkan.
  6. Gilinglah adonan hingga menjadi cukup tipis, lalu cetak berbentuk bulat. Kemudian, isilah kulit kue pastel dengan bahan isian secukupnya, lalu lipat dengan cara dilipat dua dan tekan-tekan bagian pinggiran kue pastel untuk menutupnya.
  7. Pastikan semua kue pastel sudah tertutup sempurna agar tidak terburai isinya pada saat digoreng. Jika sudah, gorenglah semua pastel Anda dengan minyak panas, kemudian masak hingga matang dan berubah warna.
  8. Angkat, tiriskan, dan tunggu hingga agak dingin sebelum disantap!

 

Kue pastel basah ini sangat cocok jika dimakan menggunakan cabai rawit atau aneka saus seperti saus , saus tomat, dan mayonnaise. Pada beberapa resep kue pastel basah, Anda pun dapat mengganti isiannya menjadi daging cincang sapi, smoked beef, atau mengganti sayurnya dengan rebung, kentang, dan jenis sayuran lainnya.

Baca juga : Masakan Khas Nusantara: Resep Coto Makassar Asli

Rekomendasi

Daftar Merek Kurma Israel yang Ditetapkan Haram oleh MUI dan Cara Pengenalannya

Wahyuni

Lezat dan Gurih: Resep Sambal Goreng Kentang Ati yang Menggugah Selera

Siska

Lezat dan Gurih: Resep Cireng Isi Ayam Suwir yang Mudah dan Nikmat

Siska

Resep Ayam Kecap yang Mudah: Lezat dan Praktis untuk Keluarga Anda

Siska

Minuman Pereda Sakit Tenggorokan: Pilihan Alami untuk Mengatasi Ketidaknyamanan

Siska

Resep Seblak Rafael: Lezatnya Kuliner Pedas Khas Bandung

Siska
Memuat....