33.1 C
Jakarta
15 April 2024
Senja News
InternasionalNews

Ceko Gantikan Rusia di Dewan HAM PBB

66. Ceko Gantikan Rusia Di Dewan HAM PBB

Mancanegara, Senja News – Majelis Umum telah bersepakat untuk memilih Republik sebagai anggota Dewan Hak Asai Manusia Perserikatan Bangsa-bangsa. Republic Ceko menggantikan yang statusnya ditangguhkan karena ke

Rusia telah memasuki tahun kedua dari total 3 tahun keanggotaan di Hak Asasi Manusia PBB yang rutin diganti. Dengan kata lain di sana, Republik Ceko akan menyelesaikan masa jabatan Rusia.

Republik Ceko terpilih dengan 157 dukungan suara, sementara 23 negara abstain. Keanggotaan Praguedi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-bangsa resmi dimulai semenjak pemungutan suara tersebut diputuskan pada Hari Selasa.

Keanggotaan Dewan HAM PBB

Kata seorang pejabat, Pada hari Kamis, dewan Hak Asasi Manusia akan mengadakan khusus soal situasi di Ukraina. Rapat tersebut diadakan usai Kyiv menyerukan peninjauan kembali situasi di sana.

Termasuk dengan laporan korban massal di Mariupol. Dewan PBB sendiri beranggotakan 47 negara, masing-masing mempunyai masa jabatan 3 tahun. Walaupun tidak bisa menerapkan kebijakan serta resolusi yang mengikat .

Keputusan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-bangsa mempunyai nilai tawar serta bobot untuk mendorong penyelidikan soal pelanggaran HAM. Serikat sendiri memimpin dorongan langkah menendang Rusia dari keanggotaan Perserikatan Bangsa-bangsa.

Sebagai konsekuensi dari invasinya ke Ukraina. inisiatif tersebut juga didukung Majelis Umum PBB yang mayoritas mengangguhkan keanggotaan Rusia di Dewan HAM PBB. Tidak lama setelah jejak pendapat berlangsung.

Rusia kemudian mengecam resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa serta memutuskan untuk keluar dari Dewan tersebut. Selain Rusia, Libya juga pernah diskors dari Dewan HAM PBB karena terhadap pengunjuk rasa.

Baca juga : Adu Kekuatan Juventus Vs Inter Milan

Pos Terkait

Puncak Arus Balik, Lalu Lintas Tol Cikampek Arah Jakarta Macet di Beberapa Lokasi

Wahyuni Wahyuni

Marsda Purnawirawan Asep Adang Angkat Bicara Terkait Keterkaitan Namanya dengan Pengemudi Fortuner Berplat TNI

Wahyuni Wahyuni

Bentrok TNI AL dengan Brimob di Sorong, yang Menyebabkan 5 Anggota Terluka, Ternyata Akibat Salah Paham

Wahyuni Wahyuni

Gerhana Matahari Total: Prediksi Jadwal di Indonesia dan Dunia

Wahyuni Wahyuni

Iran Menegaskan Peluncuran Drone dan Rudal ke Israel

Wahyuni Wahyuni

Waspada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta: Jangan Datang ke Jakarta Hanya untuk Mengubah KTP dan Kembali Lagi

Wahyuni Wahyuni
Memuat....