28.9 C
Jakarta
23 Oktober 2024
Senja News
NasionalNewsPolitik

Inilah Kekhususan Jakarta Setelah Dicabutnya Status sebagai Ibu Kota Negara

Senja News – Sekretaris (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (), Suhajar Diantoro, mengungkapkan rincian tentang kekhususan setelah statusnya sebagai kota negara dicabut,sesuai dengan yang diatur dalam Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta ()

Menurut Suhajar, ada dua aspek kekhususan Jakarta yang perlu diperhatikan, yaitu dalam bidang dan kelembagaan.

“Kekhususan tersebut terbagi menjadi dua. Pertama, kekhususan dalam urusan pemerintahan. Kedua, kekhususan dalam kelembagaan,” ujar Suhajar dalam rapat panitia (panja)

pembahasan daftar inventarisasi masalah (DIM) DKJ di gedung , kompleks , Senayan, Jakarta, pada Jumat (15/3/2024).

Suhajar menjelaskan bahwa kekhususan Jakarta sudah diatur dalam Pasal 19 RUU DKJ. Bahkan, dalam pasal turunannya, terdapat pengaturan khusus untuk berbagai aspek seperti tata ruang dan penanaman modal.

“Pekerjaan umum dan penataan ruang diberikan kekhususan, rakyat dan kawasan pemukiman diberikan kekhususan, penanaman modal diberikan kekhususan, begitu juga dengan sektor perhubungan,” terangnya.

Ia memberikan contoh kekhususan di sektor pekerjaan umum seperti pengelolaan sumber daya , pengelolaan persampahan, dan penyediaan air minum yang telah diatur dengan jelas.

“Misalnya, kewenangan khusus di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang sebagaimana disebutkan dalam Pasal 19 ayat (3) huruf a mencakup pengelolaan sumber daya air, pengelolaan persampahan, dan penyediaan air minum, semuanya sudah terinci,” tambah Suhajar.

Baca juga

Rekomendasi

Saksi Ungkap Pemotor Tewas di Jakbar: Kepala Tertusuk Besi Separator

vina

Sudah Lansia, Jaksa Ringankan Tuntutan SYL

vina

Respons Bijak Suami Kiki Amalia Soal Tambah Momongan

vina

Moderator Debat Capres AS Tanya Akui Palestina, Ini Jawaban Trump

vina

Niat Jenguk Virgoun, Ibunda Datangi RSKO tapi Gagal Bertemu

vina

Isu Tak Benar Usik Ruben Onsu saat Masa Tenang dengan Sarwendah

vina
Memuat....