33.1 C
Jakarta
15 April 2024
Senja News
NasionalNews

Insiden Pilot Batik Air: Tertidur di Langit Menuju Jakarta

Insiden Pilot Batik Air: Tertidur di Langit Menuju Jakarta

Senja News – Komite Keselamatan (KNKT) menghadirkan kisah serius yang menggetarkan dalam salah satu perjalanan Batik menuju Kejadian yang tak terduga terjadi ketika kedua tersebut tak sengaja terlelap selama 28 menit, mengakibatkan rangkaian kesalahan navigasi yang membahayakan.

Semua berawal pada 25 Januari lalu, ketika pesawat Batik Air mengudara dari Kendari, Sulawesi, menuju Jakarta. Rute yang seharusnya berlangsung selama 2 jam 35 menit sesuai jadwal Batik Air .

Pilot berusia 32 tahun dan first officer berusia 28 tahun memimpin ID6723. Saat mencapai ketinggian jelajah sekitar pukul 08:37 waktu setempat, kedua awak pesawat melepaskan headset mereka. Pilot pun bertanya pada first officer apakah ia boleh beristirahat, yang disetujui tanpa pikir panjang.

First officer kemudian mengambil alih kemudi selama 40 menit berikutnya sebelum pilot utama benar-benar terbangun. Ketika sadar, pilot segera menawarkan first officer untuk beristirahat, namun ditolak.

Sekitar pukul 08:43 WIB, first officer yang masih bertugas menghubungi pengatur lalu lintas udara di Jakarta. Dia diminta untuk menuju waypoint di timur laut .

Namun, tak lama setelah kontak dengan Jakarta, first officer secara tak sengaja terlelap. Pusat kendali wilayah mencoba menghubungi pesawat, namun tak ada jawaban. Setelah 28 menit, pilot utama terjaga dan menyadari pesawat mereka keluar jalur.

Beruntung, pesawat berhasil mendarat dengan selamat di Jakarta tanpa luka atau kerusakan. Namun, insiden tersebut memicu penyelidikan KNKT.

Menurut laporan, pilot yang sama mengoperasikan penerbangan sebelumnya dari Jakarta ke Kendari pada pagi yang sama. Ketika itu, pilot lebih memberitahu rekannya bahwa ia kekurangan istirahat.

Panduan operasional Batik Air memperhatikan aspek dan kebugaran awak pesawat, namun KNKT menemukan kekosongan dalam panduan tersebut. Oleh karena itu, KNKT mendorong Batik Air untuk mengembangkan prosedur yang lebih rinci untuk memastikan keselamatan dalam pemeriksaan kokpit.

Pos Terkait

Polisi Terapkan One Way Arah Puncak Bogor Pagi Ini

Wahyuni Wahyuni

Marsda Purnawirawan Asep Adang Angkat Bicara Terkait Keterkaitan Namanya dengan Pengemudi Fortuner Berplat TNI

Wahyuni Wahyuni

Bentrok TNI AL dengan Brimob di Sorong, yang Menyebabkan 5 Anggota Terluka, Ternyata Akibat Salah Paham

Wahyuni Wahyuni

Arus Kembali di Tol Japek 2, Kendaraan Mandek Selama 5 KM

Wahyuni Wahyuni

Waspada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta: Jangan Datang ke Jakarta Hanya untuk Mengubah KTP dan Kembali Lagi

Wahyuni Wahyuni

Penampakan Macetnya Puncak di Libur Lebaran: Jalan Tol Berubah Menjadi Lapak Dagang

Wahyuni Wahyuni
Memuat....