33.1 C
Jakarta
15 April 2024
Senja News
NasionalPolitik

Pengakuan NasDem di Balik Absennya Interupsi Terkait Angket Saat Paripurna

Senja News -Selama rapat paripurna pada Selasa (5/3/2024), terjadi serangkaian interupsi dari beberapa fraksi, seperti , , dan , yang secara khusus membahas hak angket terkait 2024. Meskipun begitu, satu fraksi yang menarik perhatian dengan ketidakhadirannya dalam perdebatan tersebut adalah Fraksi

Dalam sesi akhir rapat, Wakil Ketua RI Sufmi Dasco Ahmad memberikan kesempatan kepada semua fraksi untuk menyampaikan interupsi. PDIP, PKB, dan PKS memanfaatkannya untuk membahas isu hak angket terkait .

PKS menjadi yang pertama, dengan Anggota DPR Fraksi PKS Aus Hidayat Nur yang menyoroti adanya tudingan kecurangan dalam . Dia menekankan perlunya tanggapan bijak dan proporsional dari DPR RI, serta menggarisbawahi bahwa hak angket adalah instrumen yang dapat digunakan untuk menjawab tudingan tersebut secara terbuka.

Tak ketinggalan, PKB juga turut serta dalam interupsi terkait hak angket. Anggota DPR Fraksi PKB, Luluk Hamidah, menyatakan dukungannya terhadap penggunaan hak angket untuk mengklarifikasi dugaan .

Begitu juga dengan PDIP, yang diwakili oleh Aria Bima. Dia menekankan pentingnya fungsi pengawasan DPR untuk meningkatkan kualitas pemilu di .

Namun, NasDem memilih jalur yang berbeda dari rekan-rekannya dalam koalisi dan PDIP. Ketua DPP , Taufik Besari (Tobas), mengungkapkan bahwa fraksinya tidak mengajukan interupsi karena sedang mempersiapkan sesuatu yang lebih konkret.

“Tentu kita lebih fokus pada hal konkret dan sedang menyiapkan dokumen-dokumen untuk hak angket. Sedang mengumpulkan tanda tangan dari anggota fraksi lain. Interupsi sudah cukup sebagai ungkapan pendapat,” kata Tobas.

Meski NasDem tidak melakukan interupsi, Tobas menegaskan bahwa partainya tetap mendukung hak angket dan tengah mempersiapkannya. Ia juga menunggu langkah PDIP sebagai inisiator hak angket, sambil tetap menjalankan komunikasi dengan partai-partai koalisinya.

Pos Terkait

Polisi Terapkan One Way Arah Puncak Bogor Pagi Ini

Wahyuni Wahyuni

Marsda Purnawirawan Asep Adang Angkat Bicara Terkait Keterkaitan Namanya dengan Pengemudi Fortuner Berplat TNI

Wahyuni Wahyuni

Bentrok TNI AL dengan Brimob di Sorong, yang Menyebabkan 5 Anggota Terluka, Ternyata Akibat Salah Paham

Wahyuni Wahyuni

Arus Kembali di Tol Japek 2, Kendaraan Mandek Selama 5 KM

Wahyuni Wahyuni

Waspada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta: Jangan Datang ke Jakarta Hanya untuk Mengubah KTP dan Kembali Lagi

Wahyuni Wahyuni

Penampakan Macetnya Puncak di Libur Lebaran: Jalan Tol Berubah Menjadi Lapak Dagang

Wahyuni Wahyuni
Memuat....