33.1 C
Jakarta
15 April 2024
Senja News
Nasional

Perludem Mendorong Penurunan Ambang Batas DPR Menjadi 1 Persen pada Pemilu 2029

Senja News – Perkumpulan untuk dan () telah mengajukan usulan untuk menurunkan ambang batas atau parliamentary threshold (PT) menjadi 1 persen pada Pemilu 2029. Angka tersebut diperoleh melalui penerapan rumus model Taagepera, yang mempertimbangkan jumlah daerah pemilihan (dapil) dan kursi yang tersedia.

Dewan Pembina Perludem, Titi Anggraini, menjelaskan bahwa penerapan rumus tersebut pada Pemilu menghasilkan angka ambang batas parlemen optimal sebesar 1 persen. Usulan ini muncul sebagai alternatif dari ambang batas sebelumnya yang mencapai 4 persen, yang dianggap terlalu tinggi dan menyebabkan banyak suara terbuang.

Konsep suara terbuang merujuk pada suara yang tidak dapat mencapai ambang batas parlemen. Saat ambang batas 4 persen diterapkan pada Pemilu 2009, suara terbuang mencapai 19 juta suara. Pada Pemilu 2014, angka tersebut turun menjadi 2,9 juta suara, tetapi melonjak kembali pada Pemilu 2019 menjadi 13,5 juta suara.

Titi menyatakan bahwa ambang batas parlemen 1 persen, meskipun masih menghasilkan suara terbuang, akan lebih terkendali karena telah dihitung secara optimal. Usulan ini memiliki tujuan untuk menyaring partai politik yang memiliki dukungan signifikan, sambil mengurangi jumlah suara terbuang agar hasil pemilu tetap proporsional.

Meskipun () telah menyatakan bahwa ambang batas parlemen 4 persen akan tetap berlaku pada , MK juga menyatakan bahwa ambang batas parlemen bersyarat untuk Pemilu 2029. Untuk menjaga keberlakuan ambang batas parlemen pada Pemilu 2029, DPR dan perlu mengubah aturan, dengan memperhatikan keberlanjutan dan penyederhanaan partai politik.

 

Pos Terkait

Polisi Terapkan One Way Arah Puncak Bogor Pagi Ini

Wahyuni Wahyuni

Marsda Purnawirawan Asep Adang Angkat Bicara Terkait Keterkaitan Namanya dengan Pengemudi Fortuner Berplat TNI

Wahyuni Wahyuni

Bentrok TNI AL dengan Brimob di Sorong, yang Menyebabkan 5 Anggota Terluka, Ternyata Akibat Salah Paham

Wahyuni Wahyuni

Arus Kembali di Tol Japek 2, Kendaraan Mandek Selama 5 KM

Wahyuni Wahyuni

Waspada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta: Jangan Datang ke Jakarta Hanya untuk Mengubah KTP dan Kembali Lagi

Wahyuni Wahyuni

Penampakan Macetnya Puncak di Libur Lebaran: Jalan Tol Berubah Menjadi Lapak Dagang

Wahyuni Wahyuni
Memuat....