33.1 C
Jakarta
15 April 2024
Senja News
InternasionalNewsPolitik

Konvoi Bantuan Gaza Jadi Sasaran Serangan Israel, Delapan Polisi Palestina Tewas

Senja News – Pasukan Israel telah melancarkan serangan mematikan terhadap konvoi bantuan kemanusiaan yang memasuki , menewaskan delapan Palestina yang mengawal - tersebut.

Insiden tragis ini terjadi di Rafah selatan, dengan informasi dari pejabat UNRWA dan AS. Serangan tersebut menyebabkan kekacauan di wilayah yang telah lama terkepung, sementara laporan menunjukkan penyebaran kelaparan di kantong tersebut, seperti dilansir oleh Al-Jazeera pada tanggal 26

Kematian delapan polisi Palestina ini menandai eskalasi konflik yang semakin memprihatinkan. Serangan terhadap konvoi bantuan kemanusiaan menciptakan kekhawatiran akan berlanjutnya kerusakan ketertiban sipil di wilayah tersebut.

Sebelumnya, keadaan kelaparan di Gaza telah memicu insiden di mana orang-orang kelaparan merampas truk bantuan dan bahkan melakukan kekerasan terhadap sopirnya. Program Pangan (WFP) bahkan terpaksa membatalkan pengiriman bantuan, meskipun laporan kelaparan meningkat, terutama di Gaza utara.

Ketua UNRWA, Philippe Lazzarini, mengungkapkan bahwa bantuan terakhir yang diterima Gaza utara adalah pada tanggal 23 Januari, lebih dari sebulan yang lalu. Seruan untuk mengizinkan distribusi makanan di Gaza terus diabaikan, menyusul berbagai hambatan dari pihak Israel.

Dalam tragedi lainnya, seorang laki-laki Palestina berusia dua bulan meninggal karena kelaparan di Gaza utara pada hari Jumat. merekam momen sulit bayi itu bernapas dengan kesulitan di sakit, menyiratkan situasi kemanusiaan yang semakin memburuk.

Pada 26 Januari, Pengadilan (ICJ) mengeluarkan keputusan sementara yang memerintahkan Israel untuk mencegah tindakan genosida dan memastikan penyediaan bantuan kemanusiaan kepada sipil di Gaza. Namun, hingga saat ini, jumlah truk bantuan yang memasuki Gaza mengalami penurunan drastis sebanyak 40%, menyebabkan setidaknya 500.000 orang menghadapi ancaman kelaparan. Sejak 9 Februari, rata-rata hanya sekitar 55 truk bantuan yang dapat masuk setiap hari, dibandingkan dengan 500 truk sebelumnya sebelum eskalasi konflik terjadi.

Pos Terkait

Puncak Arus Balik, Lalu Lintas Tol Cikampek Arah Jakarta Macet di Beberapa Lokasi

Wahyuni Wahyuni

Marsda Purnawirawan Asep Adang Angkat Bicara Terkait Keterkaitan Namanya dengan Pengemudi Fortuner Berplat TNI

Wahyuni Wahyuni

Bentrok TNI AL dengan Brimob di Sorong, yang Menyebabkan 5 Anggota Terluka, Ternyata Akibat Salah Paham

Wahyuni Wahyuni

Gerhana Matahari Total: Prediksi Jadwal di Indonesia dan Dunia

Wahyuni Wahyuni

Iran Menegaskan Peluncuran Drone dan Rudal ke Israel

Wahyuni Wahyuni

Waspada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta: Jangan Datang ke Jakarta Hanya untuk Mengubah KTP dan Kembali Lagi

Wahyuni Wahyuni
Memuat....