26.2 C
Jakarta
18 April 2024
Senja News
News

Kronologi Pembubaran Kajian Ustaz Syafiq Basalamah di Surabaya

Kronologi Pembubaran Kajian Ustaz Syafiq Basalamah di Surabaya

Senja News – Pada Kamis (22/2) yang lalu, pengajian yang dipimpin oleh di Assalam Purimas, Anyar, Kota , dihentikan oleh anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser)

Asyiqun Nahdli, Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar, menjelaskan bahwa kejadian ini dimulai ketika pihaknya mengirim surat penolakan terhadap penyelenggaraan kajian yang dipimpin oleh Ustaz Syafiq kepada pengurus Masjid Assalam Puri Mas. Penolakan ini disampaikan dengan beberapa alasan yang telah disebutkan.

Setelah itu, GP Ansor dan takmir masjid melakukan mediasi yang difasilitasi oleh Polsek Gunung Anyar. Asyiqun menyatakan bahwa semua pihak telah menyetujui pembatalan pengajian.

Namun, meskipun telah ada kesepakatan untuk membatalkan pengajian, kabar bahwa acara tersebut tetap berlanjut tersebar di media sosial. Mendengar hal ini, Banser dan GP Ansor Gunung Anyar akhirnya mendatangi Masjid Assalam Purimas.

Proses penolakan tersebut kemudian mengalami kericuhan antara anggota Banser dan GP Ansor Gunung Anyar dengan jemaah Masjid Assalam Purimas, yang terjadi dua kali.

Asyiqun menyatakan bahwa enam orang dari pihaknya menjadi korban pemukulan selama insiden tersebut.

Ia juga menegaskan bahwa penolakan terhadap kajian Syafiq Basalamah dilakukan karena adanya indikasi radikalisme. Menurutnya, wilayah Gunung Anyar merupakan tempat di mana banyak dan yang mengikuti aliran Nahdliyin.

Asyiqun memandang bahwa kajian yang dilakukan oleh Syafiq Basalamah dapat memicu dan mengganggu keharmonisan di wilayah Gunung Anyar. Ia menilai bahwa isi ceramah Syafiq Basalamah bertentangan dengan ajaran Ahlussunnah wal Jama'ah yang dianut oleh setempat.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak pengurus atau takmir Masjid Assalam Purimas serta Kapolsek Gunung Anyar, Iptu Irwansyah Putra, terkait peristiwa tersebut.

Pos Terkait

Upah Tak Dibayar, Motif Tukang Kebun Bunuh dan Mencor Pria di Bandung Barat

Wahyuni Wahyuni

Polisi Periksa Pacar Selebgram Jakarta Selatan yang Bunuh Diri Sambil Live IG

Wahyuni Wahyuni

Sanksi Penggunaan Pelat TNI Palsu dalam Kasus Sopir Toyota Fortuner yang Arogan di Tol

Wahyuni Wahyuni

Olivia Nathania, Anak Nia Daniaty Bebas dari Penjara dalam Kasus CPNS Bodong

Wahyuni Wahyuni

KSAL Angkat Suara Terkait Bentrokan di Sorong, Mencuatkan Semangat Jiwa Kesatria Jalasena

Wahyuni Wahyuni

Rumah Salman Khan Diserang Tembakan, Gangster Terkenal Mengaku sebagai Pelaku

Wahyuni Wahyuni
Memuat....