33.1 C
Jakarta
15 April 2024
Senja News
EdukasiGaya HidupNewsReligi

Puasa Ayyamul Bidh Bulan Sya’ban Dimulai 23 Februari 2024: Cek Jadwal, Niat, dan Keutamaannya

Puasa Ayyamul Bidh

Senja News – Saat ini, kita telah memasuki bulan Sya'ban, yang artinya kita akan kembali ke rutinitas sunnah Ayyamul Bidh yang dilaksanakan selama tiga hari pada bulan-bulan dalam tahun hijriyah. memiliki banyak manfaat dan keutamaan, baik dari segi maupun dari segi keimanan bagi seorang yang melaksanakannya.

Nama puasa Ayyamul Bidh memiliki yang beragam. Salah satu cerita menyebutkan bahwa Ayyamul Bidh berasal dari riwayat tentang Nabi Adam , yang diturunkan oleh Allah ke dalam keadaan tubuhnya hitam dan . Allah kemudian menurunkan wahyu kepada Nabi Adam AS agar berpuasa selama tiga hari. Pada hari pertama, sepertiga tubuh Nabi Adam menjadi putih, lalu setengahnya pada hari kedua, dan pada hari ketiga seluruh tubuhnya telah menjadi putih dan bersih.

Dalam riwayat lain, nama puasa Ayyamul Bidh berasal dari anjuran sunnah Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya untuk berpuasa pada hari-hari tersebut, baik saat sedang bepergian maupun tidak.

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh:

  • Jumat, 23 2024 (13 Sya'ban 1445 H)
  • Sabtu, 24 Februari 2024 (14 Sya'ban 1445 H)
  • Minggu, 25 Februari 2024 (15 Sya'ban 1445 H)

Jadwal dan Ayyamul Bidh: Berikut jadwal sahur dan buka puasa untuk daerah Timur:

  • Jumat, 23 Februari 2024
    • Jam Imsak: 05.23 WITA
    • Jam buka puasa: 18.53 WITA
  • Sabtu, 24 Januari 2024
    • Jam Imsak: 05.23 WITA
    • Jam buka puasa: 18.53 WITA
  • Minggu, 25 Februari 2024
    • Jam Imsak: 05.23 WITA
    • Jam buka puasa: 18.52 WITA

Niat Puasa Ayyamul Bidh: “نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى” atau “Nawaitu shauma ayyamilbid lillahi ta'ala” yang artinya “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta'ala.” atau “نَوَيْتُ صَوْمَ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى” atau “Nawaitu shauma tsalaatsati ayyaamin min kulli syahri sunnatan lillaahi ta'aala” yang artinya “Saya niat berpuasa tiga hari setiap bulan sunnah karena Allah Ta'ala.”

Doa Berbuka Puasa Ayyamul Bidh: “Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar-roohimiin.” atau “ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ” yang artinya “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.”

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh: Puasa Ayyamul Bidh memiliki keutamaan besar seperti puasa sunnah lainnya. Salah satu keutamaannya adalah setara dengan puasa satu tahun, sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah SAW. Puasa ini merupakan contoh amalan dari Rasulullah SAW yang sangat dianjurkan untuk diteladani oleh umat .

Pos Terkait

Marsda Purnawirawan Asep Adang Angkat Bicara Terkait Keterkaitan Namanya dengan Pengemudi Fortuner Berplat TNI

Wahyuni Wahyuni

Bentrok TNI AL dengan Brimob di Sorong, yang Menyebabkan 5 Anggota Terluka, Ternyata Akibat Salah Paham

Wahyuni Wahyuni

Waspada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta: Jangan Datang ke Jakarta Hanya untuk Mengubah KTP dan Kembali Lagi

Wahyuni Wahyuni

Bedanya Etika Bagi THR antara Nagita Slavina dan Ayu Ting Ting: Sultan Andara Memiliki Cara yang Berbeda Dari yang Lainnya

Wahyuni Wahyuni

Respons Tajam Tetangga Setelah Ayu Ting Ting Dicibir karena Membagikan THR Rp20 Ribu

Wahyuni Wahyuni

Penemuan Jenazah Pria Sehari Usai Mobil Es Krim Menepi di Jalan Sudirman

Wahyuni Wahyuni
Memuat....