26.3 C
Jakarta
18 April 2024
Senja News
NasionalNewsPolitik

Dinamika Elektabilitas Capres-Cawapres 2024 Sehari Jelang Masa Tenang Pemilu

Senja News – Menuju masa tenang (Pilpres) 2024, yang dimulai pada 11-13 2024, proses pemungutan suara akan berlangsung pada 14 Februari 2024. Dengan hari terakhir masa kampanye pada Sabtu (10/2/2024), berbagai lembaga survei telah mengungkap elektabilitas tiga pasangan calon dan calon wakil presiden (-) dari akhir Januari hingga awal Februari 2024. Mari kita lihat bagaimana survei elektabilitas capres- memperlihatkan trennya sehari sebelum memasuki masa tenang, menilik hasil dari berbagai lembaga survei terpercaya.

Dalam survei yang dilakukan oleh Populi Center, pasangan nomor urut 2 - Rakabuming Raka mendominasi dengan elektabilitas tertinggi sebesar 52,5 persen. Pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan- Iskandar berada di posisi kedua dengan elektabilitas 22,1 persen, sementara pasangan nomor urut 3 Pranowo- MD menempati posisi ketiga dengan elektabilitas 16,9 persen. Hasil survei ini melibatkan 1.500 responden dari 38 dengan margin of error sekitar +- 2,53 persen.

Survei dari Indikator juga menunjukkan dominasi pasangan Prabowo-Gibran, dengan elektabilitas mencapai 51,8 persen. Sementara pasangan Anies-Muhaimin berada di posisi kedua dengan elektabilitas 24,1 persen, dan Ganjar- di posisi ketiga dengan elektabilitas 19,6 persen. Survei ini dilakukan pada 28 Januari-4 Februari 2024 dengan total 5.500 responden pemilik hak pilih dari berbagai provinsi.

selanjutnya, hasil survei dari Poltracking Indonesia juga memperlihatkan dominasi pasangan Prabowo-Gibran dengan elektabilitas tertinggi, yaitu 51,7 persen. Pasangan Anies-Muhaimin berada di posisi kedua dengan elektabilitas 27,6 persen, sementara Ganjar-Mahfud MD menempati posisi ketiga dengan elektabilitas 20,7 persen. Survei ini dilaksanakan pada 27 Januari-2 Februari 2024 dengan 1.220 responden dari seluruh provinsi dan margin of error sekitar +- 2,9 persen.

Dengan demikian, hasil survei elektabilitas capres-cawapres sehari sebelum masa tenang menunjukkan tren dominasi pasangan Prabowo-Gibran, namun perbedaan angka elektabilitas dari berbagai lembaga survei menciptakan antusiasme tersendiri jelang pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pos Terkait

Kepuncak Joko Anwar dalam Penulisan Cerita di “Siksa Kubur”

Wahyuni Wahyuni

Selebgram Jaksel Sudah 4 Kali Coba Bunuh Diri tapi Gagal, Ungkap Polisi

Wahyuni Wahyuni

Tentang Lily: Aku yang Mengadzaninya

Wahyuni Wahyuni

Upah Tak Dibayar, Motif Tukang Kebun Bunuh dan Mencor Pria di Bandung Barat

Wahyuni Wahyuni

Polisi Periksa Pacar Selebgram Jakarta Selatan yang Bunuh Diri Sambil Live IG

Wahyuni Wahyuni

Sanksi Penggunaan Pelat TNI Palsu dalam Kasus Sopir Toyota Fortuner yang Arogan di Tol

Wahyuni Wahyuni
Memuat....