26.3 C
Jakarta
18 April 2024
Senja News
NewsSainsTeknologi

Astronom Menemukan Planet Super Baru yang Berpotensi sebagai Dunia Layak Huni

Astronom Menemukan Planet Super Baru yang Berpotensi sebagai Dunia Layak Huni

Senja News – Para telah mengumumkan penemuan planet baru yang menarik, TOI-715b, sebuah super yang mengelilingi bintang katai M, yang juga dikenal sebagai katai merah. Planet ini terletak sekitar 137 tahun cahaya dari Bumi, atau sekitar 1,55 kali jarak Bumi dari , dan berada di dalam zona layak huni.

TOI-715b bukan satu-satunya planet dalam sistem ini; ada kandidat planet lain yang menarik minat para peneliti. Planet seukuran Bumi ini menjadi objek penelitian karena dianggap sebagai salah satu zona layak huni terkecil yang pernah ditemukan oleh Teleskop Luar Angkasa Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS)

Melansir dari Science Alert pada Senin (5/2/2024), TOI-715b memiliki orbit yang dekat dengan bintang tuannya. Dalam setiap perjalanannya mengelilingi bintang, planet ini hanya membutuhkan waktu 19 hari. Keunikan ini menempatkannya di dalam zona layak huni, sebuah kawasan di sekitar bintang di mana kondisi atmosfer dan temperatur dapat mendukung seperti yang kita kenal.

Penelitian terkini yang dipublikasikan dalam Monthly Notices of the Royal Astronomical Society menyajikan temuan menarik ini. Artikel berjudul “A 1.55 Earth-Radius Habitable-Zone Planet” ditulis oleh Georgina Dransfield dari & Astronomi di Birmingham, .

Zona layak huni adalah konsep yang digunakan untuk mengidentifikasi planet yang memiliki kemungkinan mengandung cair, salah satu syarat penting untuk mendukung kehidupan seperti yang kita kenal. Meskipun zona layak huni tidak selalu jelas dan dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, penemuan ini memberikan pandangan baru tentang potensi eksoplanet di luar kita.

Sebuah penelitian terkini yang dikutip dalam artikel tersebut menunjukkan bahwa planet yang mengelilingi bintang katai M, seperti TOI-715b, mungkin memiliki variasi dalam kepadatan yang dapat membedakan antara berbatu dan dunia dengan atmosfer air. Penelitian lebih lanjut diharapkan dapat memberikan wawasan lebih lanjut tentang sifat dan potensi kehidupan di luar angkasa.

Pos Terkait

Upah Tak Dibayar, Motif Tukang Kebun Bunuh dan Mencor Pria di Bandung Barat

Wahyuni Wahyuni

Polisi Periksa Pacar Selebgram Jakarta Selatan yang Bunuh Diri Sambil Live IG

Wahyuni Wahyuni

Sanksi Penggunaan Pelat TNI Palsu dalam Kasus Sopir Toyota Fortuner yang Arogan di Tol

Wahyuni Wahyuni

Olivia Nathania, Anak Nia Daniaty Bebas dari Penjara dalam Kasus CPNS Bodong

Wahyuni Wahyuni

KSAL Angkat Suara Terkait Bentrokan di Sorong, Mencuatkan Semangat Jiwa Kesatria Jalasena

Wahyuni Wahyuni

Rumah Salman Khan Diserang Tembakan, Gangster Terkenal Mengaku sebagai Pelaku

Wahyuni Wahyuni
Memuat....