33.1 C
Jakarta
15 April 2024
Senja News
InternasionalPolitik

Pasukan AS Menghadapi Ancaman Serangan Rudal Houthi di Yaman

Senja News – Minggu (4/2/2024), Serikat () secara efektif menanggapi ancaman dengan menangkis lima rudal yang diluncurkan oleh kelompok di Yaman. Satu rudal di antaranya dirancang untuk menyerang sasaran di darat, sementara empat lainnya ditujukan untuk kapal-kapal di . Dalam laporan dari AFP pada Senin (5/2/2024), Komando Pusat Amerika Serikat (CENTCOM) menyebut serangan terhadap kelompok Houthi sebagai langkah bela diri.

Aksi tersebut terjadi sehari setelah pasukan AS dan melancarkan serangan udara sebagai respons terhadap serangan berulang Houthi terhadap kapal-kapal pengiriman di Laut Merah. CENTCOM menjelaskan bahwa pasukan AS melakukan serangan sebagai upaya membela diri terhadap rudal jelajah serangan darat Houthi, serta menyerang empat rudal jelajah anti-kapal yang diarahkan ke kapal-kapal di Laut Merah.

Sebelumnya, pasukan Amerika mengidentifikasi kelima rudal tersebut di wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman. AS menyimpulkan bahwa rudal-rudal tersebut merupakan ancaman serius terhadap kapal-kapal Angkatan Laut AS dan kapal dagang di wilayah tersebut.

Kelompok Houthi telah menargetkan kapal-kapal pengiriman di Laut Merah sejak November 2023, dengan alasan solidaritas terhadap terkait serangan pada 7 Oktober 2023. Serangan pasukan Amerika dan Inggris sebagai tanggapan terhadap aksi Houthi menunjukkan eskalasi ketegangan di , yang melibatkan kelompok yang didukung di beberapa negara termasuk , , , dan Yaman.

Pos Terkait

Puncak Arus Balik, Lalu Lintas Tol Cikampek Arah Jakarta Macet di Beberapa Lokasi

Wahyuni Wahyuni

Gerhana Matahari Total: Prediksi Jadwal di Indonesia dan Dunia

Wahyuni Wahyuni

Iran Menegaskan Peluncuran Drone dan Rudal ke Israel

Wahyuni Wahyuni

“Ketua PDIP Sumut Membuktikan Ketidakkukuhannya Dalam Mendukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut”

Wahyuni Wahyuni

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Dari Mana Sumber Dana? Sri Mulyani Memberikan Penjelasan

Wahyuni Wahyuni

Kisah Heroik Maya: WNI yang Menyelamatkan Majikannya saat Gempa Dahsyat di Taiwan

Wahyuni Wahyuni
Memuat....