26.3 C
Jakarta
18 April 2024
Senja News
Kuliner

Anda Pecinta Seafood? Ini Dia Resep Tom Yum Seafood Super Lezat!

Anda Pecinta Seafood? Ini Dia Resep Tom Yum Seafood Super Lezat!

Resep Tom Yum Seafood, Senja News – Selain mengeksplor berbagai sajian dan hidangan khas dari berbagai penjuru daerahnya, Anda juga wajib mengeksplor cita rasa yang lebih luas lagi, yakni hidangan khas dari luar negeri. Tak perlu mencoba hidangan khas dari negeri yang nun jauh di sana dulu. Cicipi dulu saja berbagai hidangan khas yang datang dari negara-negara tetangga Indonesia, seperti , , , atau Cina. Salah satu negara yang mungkin hampir mirip dari segi kulinernya dengan Indonesia adalah Thailand.

Thailand memiliki rempah-rempah dan bumbu dapurnya sendiri dalam mengolah agar menjadi sedap dan memiliki cita rasa tinggi. Hal inilah yang menjadi salah satu pembeda Thailand dari beberapa negara lain di , yang jika kita cicipi aslinya cenderung hambar karena tidak begitu menggunakan rempah-rempah.

Nah, salah satu hidangan terkenal di Thailand yang saat ini sudah banyak dijual di Indonesia adalah Tom Yum.

Tom yum sendiri merupakan hidangan sejenis sup yang terbuat dari berbagai hidangan laut, seperti , udang, , dan lain-lain. Seafood ini kemudian disajikan dengan kuah yang memiliki cita rasa pedas namun asam, sehingga sangat segar bagi siapa saja yang mencobanya. Penasaran dengan cara membuat tom yum seafood berikut dengan resep tom yum seafood? Ini dia ulasannya!

 

Bahan-Bahan:

– 50 gram udang berukuran sedang, kupas kulitnya, buang bagian kepala, lalu dicuci bersih

– 50 gram cumi-cumi, bersihkan dan potong-potong

– 75 gram ikan kakap, fillet dan potong-potong

– 40 gram jamur merang, potong menjadi dua

– 2 batang sereh, memarkan

– 3 lembar daun jeruk

– 2 1/2 sdm kecap asin

– 5 cabai rawit merah, potong menjadi dua atau memarkan

– garam secukupnya

– gula pasir secukupnya

– 750 ml kaldu seafood

– 2 1/2 sdm air perasan jeruk nipis

– daun ketumbar, potong atau cincang kasar

 

Bahan-Bahan Bumbu, haluskan:

– 4 buah cabai merah

– 2 siung bawang putih

– 1/2 sdt terasi

– 2 butir kemiri, disangrai

 

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama dalam resep tom yum seafood adalah memasak beberapa bahan di dalam kaldu seafood. Caranya, panaskan kaldu seafood di atas api sedang, kemudian masukkan batang sereh serta daun jeruk. Biarkan sebentar hingga harum.
  2. Setelah itu, masukkan bahan-bahan lainnya seperti udang, cumi, ikan kakap, jamur, dan cabai. Tambahkan juga dengan garam serta merica secukupnya. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.
  3. Di dalam panci yang berbeda, panaskan , kemudian masukkan bahan-bahan bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Tumis hingga tercium harum, lalu masukkan bumbu halus ke dalam kaldu seafood yang sedang dimasak.
  4. Setelah itu, tambahkan kecap asin, kemudian aduk-aduk dan tunggu hingga udang, cumi serta ikan kakapnya matang. Jika sudah, matikan api.
  5. Angkat dan tuang kuah tom yum beserta isinya ke dalam mangkuk, dan sajikan bersama sepiring hangat. Tom yum seafood Anda pun sudah siap untuk disantap!

 

Wah, sangat mudah ya sebenarnya membuat resep tom yum seafood Namun kebanyak orang takut melewati langkah-langkah memasak yang sulit serta menggunakan bahan-bahan masakan yang banyak. Tom yum seafood ini sangat cocok untuk santap siang Anda, karena rasanya yang pedas dan asam dapat membuat Anda melek seketika karena kesegaran cita rasanya. Selain itu, tom yum seafood juga dapat menjadi salah satu alternatif Anda jika sedang menginginkan menu seafood untuk siang atau makan malam.

Baca juga : Rasakan Mewahnya Steak di Rumah: Resep Chicken Cordon Bleu

Pos Terkait

Daftar Merek Kurma Israel yang Ditetapkan Haram oleh MUI dan Cara Pengenalannya

Wahyuni Wahyuni

Lezat dan Gurih: Resep Sambal Goreng Kentang Ati yang Menggugah Selera

Siska

Lezat dan Gurih: Resep Cireng Isi Ayam Suwir yang Mudah dan Nikmat

Siska

Resep Ayam Kecap yang Mudah: Lezat dan Praktis untuk Keluarga Anda

Siska

Minuman Pereda Sakit Tenggorokan: Pilihan Alami untuk Mengatasi Ketidaknyamanan

Siska

Resep Seblak Rafael: Lezatnya Kuliner Pedas Khas Bandung

Siska
Memuat....