26.3 C
Jakarta
18 April 2024
Senja News
InternasionalNews

Filipina Tidak Terima China Larang Soal Penangkapan Ikan

10. Filipina Tidak Terima China Larang Soal Penangkapan Ikan

Mancanegara, Senja News telah melayangkan protes terhadap yang membuat larang sepihak perihal penangkapan di Laut China Selatan. Selain itu, Filipina juga menilai China telah melakukan pelecehan dengan melakukan pelanggaran Yuridis yang dilakukan oleh

Kementerian (Kemlu) Filipina mengaku terganggu oleh kapal-kapal China yang terus berpatroli di wilayah zona ekslusif. Filipina mengungkapkan bahwa misi penelitian ilmiah kelautan bersama dan kegiatan eksplorasi yang terkena dampak oleh kapal-kapal China tersebut.

Filipina menuduh larangan penangkapan ikan di Lautan China Selatan tersebut merupakan larangan sepihak. Sebelumnya China membuat moratorium penangkapan ikan yang tujuannya adalah memastikan regenerasi stok ikan tetap terjaga.

Moratorium tersebut diterapkan di dalam zona ekonomi eksklusif dan Filipina, yang dinilai oleh pihak Manila sebagai larangan sepihak. Hanya saja, protes yang dilayangkan Manila tersebut belum mendapatkan tanggapan dari Kedutaan Besar China di Manila.

Kemlu Filipina mengungkapkan bahwa penjaga pantai China melakukan tindakan yang tidak konsisten, dan menurutnya juga jelas-jelas sudah melakukan pelanggaran yuridiksi maritim Filipina.

terpilih Filipina yakni, Ferdinand Marcos diharapkan mampu mengambil sikap tegas dan menjadi penyeimbang hubungan China dengan Filipina yang mulai rumit tersebut.

Marcos sebenarnya sudah menegaskan bahwa dirinya akan mempertahankan wilayah kedaulatan dan mengambil sikap menentang terhadap gangguan yang dilakukan China.

Sebenarnya China dan Filipina memiliki hubungan yang sulit, bahkan jika berkaca secara historis. Dengan adanya klaim territorial Beijing serta perlakukan penjaga pantai China tersebut, membuat Filipina mulai gerah atas perlakuan Beijing.

Baca juga : Rafael Nadal Protes Soal Jadwal Bermain di Franch Open

Pos Terkait

Bandara Dubai Terendam Setelah Uni Emirat Arab Dilanda Banjir Langka

Wahyuni Wahyuni

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp145 Miliar di Uni Emirat Arab

Wahyuni Wahyuni

Upah Tak Dibayar, Motif Tukang Kebun Bunuh dan Mencor Pria di Bandung Barat

Wahyuni Wahyuni

Polisi Periksa Pacar Selebgram Jakarta Selatan yang Bunuh Diri Sambil Live IG

Wahyuni Wahyuni

Sanksi Penggunaan Pelat TNI Palsu dalam Kasus Sopir Toyota Fortuner yang Arogan di Tol

Wahyuni Wahyuni

Olivia Nathania, Anak Nia Daniaty Bebas dari Penjara dalam Kasus CPNS Bodong

Wahyuni Wahyuni
Memuat....