33.1 C
Jakarta
15 April 2024
Senja News
Kuliner

Resep Kue Lumpur Labu Kuning, Si Kue Manis nan Gurih

Resep Kue Lumpur Labu Kuning, Si Kue Manis nan Gurih

Resep Kue Lumpur Labu Kuning, Senja News – Disebut juga sebagai Labu Parang atau Waluh Kenthi di beberapa daerah di , labu kuning biasanya diolah menjadi kolak atau sajian Namun kali ini labu kuning akan diolah menjadi adonan . Kok bisa? Apakah rasanya enak?

Kue lumpur labu kuning menjadi salah satu kue basah sekaligus jajanan pasar khas Indonesia yang cukup terkenal. Cara membuat kue lumpur labu kuning tentunya menggunakan lembut dari labu kuning sebagai salah satu bahan utamanya, di mana biasanya bisa juga diganti dengan , sehingga namanya menjadi kue lumpur kentang.

Namun kue lumpur labu kuning menjadi lebih terkenal karena tekstur serta rasanya yang menarik, yaitu lembut dan lumer namun manis dan gurih. Penasaran ingin mencoba? Ini dia kami berikan kue lumpur labu kuning untuk Anda.

 

Bahan-Bahan:

– 50 gram margarin

– 200 ml

– 1/4 sdt garam

– 150 gram tepung terigu berprotein sedang

– 100 gram labu kuning, haluskan

– 125 gram gula pasir

– 1/4 sdt vanili bubuk

– 4 butir telur

– 350 ml santan, dibuat dari 1/2 butir kelapa, rebus, dinginkan

 

Bahan-Bahan Taburan:

– 50 gram nata de coco, potong dadu kecil

– 20 gram kismis, potong menjadi 3 bagian

 

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk resep kue lumpur labu kuning adalah merebus beberapa bahan secara bersamaan, yakni air, margarin, serta garam. Rebus ketiga bahan sambil diaduk dan tunggu hingga mendidih.
  2. Setelah air rebusan mendidih, masukkan tepung terigu dengan kompor masih menyala, kemudian aduk terus hingga kalis, lalu angkat dari api. Dinginkan.
  3. Masukkan labu kuning yang sudah dihaluskan sebelumnya, gula pasir, serta vanili bubuk. Aduk rata ketiga bahan yang baru dimasukkan tersebut.
  4. Setelah itu, masukkan telur satu per satu, sambil tetap mengaduk adonan perlahan. Lakukan hingga telur habis.
  5. Terakhir, tuang masuk santan sedikit demi sedikit sambil mengaduk adonan juga secara perlahan. Lakukan hingga santan habis.
  6. Nah, langkah keenam adalah langkah memanggang. Sebelumnya, siapkan terlebih dulu cetakan kue untuk kue lumpur labu kuning Anda. Olesi cetakan kue dengan margarin, tipis-tipis saja.
  7. Tuang adonan ke dalam cetakan kue, kemudian masukkan cetakan ke dalam alat pengukus. Gunakan api yang kecil untuk adonan.
  8. Tunggu hingga adonan sudah 1/2 atau 3/4 matang, lalu masukkan bahan-bahan taburan di atas adonan, tutup kembali, dan kali ini tunggu hingga matang.
  9. Setelah matang, angkat kue lumpur labu kuning Anda yang sudah jadi dari pengukus dan cetakan, lalu tunggu hingga agak dingin, dan kue lumpur labu kuning Anda kini siap untuk disajikan!

 

Tips:

  • Jika Anda menggunakan cetakan kue untuk pengukusan berulang, alias mengunakan cetakan kue sebanyak dua kali atau lebih, tak perlu mengolesi cetakan kue dengan margarin lagi untuk pengukusan selanjutnya. Cukup olesi cetakan kue pada saat pertama kali mengukus.
  • Warna kuning yang muncul pada kue lumpur labu kuning ini tergantung pada banyaknya penggunaan labu kuning pada resep. Jika Anda penggemar labu kuning atau menginginkan warna yang lebih ‘keluar' dari kue lumpur Anda, gunakan labu kuning yang lebih banyak untuk resep selanjutnya.
  • Anda bisa mengkreasikan sendiri kue lumpur labu kuning ini dengan mengubah bahan taburannya. Kini sudah banyak bahan untuk topping yang tersedia, mulai dari selai cokelat, cokelat batangan, wafer, dan lain sebagainya. Berkreasilah dengan sebebas-bebasnya!

 

Nah, itulah tadi resep kue lumpur labu kuning yang dapat Anda aplikasikan di . Sangat sederhana dan mudah sekali, bukan? Anda bisa membuat kue lumpur labu kuning ini di sela-sela waktu istirahat Anda di rumah sebagai kudapan di sore hari. Anda pun dapat menggunakan kue lumpur labu kuning ini sebagai salah satu sajian untuk acara kecil Anda di rumah, seperti pengajian atau arisan.

Baca juga : Resep Kue Basah Sederhana: Kue Bolu Kukus Cantik yang Berwarna-Warni

Pos Terkait

Daftar Merek Kurma Israel yang Ditetapkan Haram oleh MUI dan Cara Pengenalannya

Wahyuni Wahyuni

Lezat dan Gurih: Resep Sambal Goreng Kentang Ati yang Menggugah Selera

Siska

Lezat dan Gurih: Resep Cireng Isi Ayam Suwir yang Mudah dan Nikmat

Siska

Resep Ayam Kecap yang Mudah: Lezat dan Praktis untuk Keluarga Anda

Siska

Minuman Pereda Sakit Tenggorokan: Pilihan Alami untuk Mengatasi Ketidaknyamanan

Siska

Resep Seblak Rafael: Lezatnya Kuliner Pedas Khas Bandung

Siska
Memuat....