26.3 C
Jakarta
18 April 2024
Senja News
News

Gubernur Kaltim: Revisi UU Minerba Penyebab Tambang Ilegal

112. Gubernur Kaltim Revisi UU Minerba Penyebab Tambang Ilegal

Kik play untuk mendengar

Dalan Negri, Senja News – Isran Noor selaku mengatakan bahwa, penyebab maraknya saat ini karena revisi UU Minerba. Revisi yang dimaksud adalah pada UU No 3 Tahun 2020.

UU tersebut merupakan perubahan atas UU No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Pendapatnya disampaikan pada rapat dengar pendapat Komisi VII bersama Dirjen Minerba Kementerian .

Dalam rapat yang diselenggarakan pada hari Senin (11/4/2022), Isran mengatakan bahwa wibawa negara seolah hilang karena permasalah pertambangan ini. Bahkan yang tersisa untuk negara hanya sebagian kecil.

Hal ini dikarenakan semua kewenangan perizinan pertambangan ditarik ke pusat. Sehingga, tidak memiliki porsi pengawasan. Menurut Gubernur Kaltim ini, seharusnya pengawasan pertambangan dilaksanakan secara terintegrasi.

Yaitu dengan memberikan kewenangan provinsi. Misalnya saja dalam hal perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan. Dengan demikian, negara tidak dirugikan dan dapat menikmati pengelolaan tambang.

Dengan tidak adanya integritas seperti saat ini, banyak penambang yang bahkan belum mendapat izin tapi sudah bisa melakukan penambangan. Tidak terkendalinya penambangan ilegal ini tentu menyebakan dampak buruk.

Pertama adalah kerusakan lingkungan dan infrastruktur sekitar area tambang. Bahkan, dana bagi hasil antara penambang dan daerah juga tidak akan cukup untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Kerusakan paling terasa di Kaltim sendiri adalah jalan negara, provinsi, kabupaten, dan kota rusak parah. Pihak penambang tidak mau bertanggung jawab karena merasa sudah melakukannya sesuai ketentuan.

Kerusakan kedua dan sangat memprihatinkan adalah terancamnya populasi hewan di sekitar penambangan. Banyak hewan yang kehilangan habitatnya dan pada akhirnya mati.

Baca juga : Identitas Pengeroyok Ade Armando Sudah Dikantongi Polisi

Pos Terkait

Upah Tak Dibayar, Motif Tukang Kebun Bunuh dan Mencor Pria di Bandung Barat

Wahyuni Wahyuni

Polisi Periksa Pacar Selebgram Jakarta Selatan yang Bunuh Diri Sambil Live IG

Wahyuni Wahyuni

Sanksi Penggunaan Pelat TNI Palsu dalam Kasus Sopir Toyota Fortuner yang Arogan di Tol

Wahyuni Wahyuni

Olivia Nathania, Anak Nia Daniaty Bebas dari Penjara dalam Kasus CPNS Bodong

Wahyuni Wahyuni

KSAL Angkat Suara Terkait Bentrokan di Sorong, Mencuatkan Semangat Jiwa Kesatria Jalasena

Wahyuni Wahyuni

Rumah Salman Khan Diserang Tembakan, Gangster Terkenal Mengaku sebagai Pelaku

Wahyuni Wahyuni
Memuat....