26.2 C
Jakarta
18 April 2024
Senja News
News

Proyek Smelter Memicu Kerusakan Hutan Mangrove Balikpapan

Proyek Smelter Memicu Kerusakan Hutan Mangrove Balikpapan

Kik play untuk mendengar

, Senja News – Proyek atau pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral di Kawasan Kariangu (KIK) , disinyalir mengancam lingkungan. Hal ini dikarenakan adanya pembabatan .

Pembatasan hutan mangrove yang dimaksud adalah di luar dari peruntukan area industri. Bahkan sudah masuk ke kawasan konservasi. Seperti yang diketahui bahwa terdapat 1.833 hektar hutan mangrove konservasi.

Namun, pihak perusahaan mengatakan bahwa lahan yang dibersihkan dengan pembabatan tersebut masih termasuk ke dalam kawasan industri. Meski memang berada di luar KIK tapi bukan termasuk ke area konservasi.

Menanggapi isu ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) , DLH Balikpapan dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan peninjauan secara langsung. Peninjauan tersebut dilakukan pada tanggal 3 April lalu.

Dari hasil peninjauan, pihaknya mengonfirmasi bahwa ada pembersihan lahan hutan tembakau di Teluk Balik Papan. Pihak DLH dan KLHK memberikan sanksi atas pelanggaran yang dilakukan oleh proyek Smelter tersebut.

Sanksi yang diberikan adalah berupa penyegelan lahan hingga persoalan pelanggaran tuntas. Sehingga, lokasi tersebut tidak boleh digunakan untuk melakukan proyek Smelter terlebih dahulu.

Jika pembabatan terus dilakukan, maka dampaknya untuk lingkungan sangat buruk. Sebab risiko terjadinya abrasi di Teluk Balik Papan semakin tinggi. Tidak hanya itu, ekosistem berbagai hewan juga bisa terganggu.

Sebab, hutan mangrove merupakan habitat alami bagi berbagai jenis hewan. Jika dirusak, kemungkinan terbesarnya adalah banyak hewan yang akan mati. Hasil tangkapan juga bisa turun drastis.

Baca juga : WhatsApp Koordinator BEM SI Diretas Jelang Demo 11 April

Pos Terkait

Upah Tak Dibayar, Motif Tukang Kebun Bunuh dan Mencor Pria di Bandung Barat

Wahyuni Wahyuni

Polisi Periksa Pacar Selebgram Jakarta Selatan yang Bunuh Diri Sambil Live IG

Wahyuni Wahyuni

Sanksi Penggunaan Pelat TNI Palsu dalam Kasus Sopir Toyota Fortuner yang Arogan di Tol

Wahyuni Wahyuni

Olivia Nathania, Anak Nia Daniaty Bebas dari Penjara dalam Kasus CPNS Bodong

Wahyuni Wahyuni

KSAL Angkat Suara Terkait Bentrokan di Sorong, Mencuatkan Semangat Jiwa Kesatria Jalasena

Wahyuni Wahyuni

Rumah Salman Khan Diserang Tembakan, Gangster Terkenal Mengaku sebagai Pelaku

Wahyuni Wahyuni
Memuat....