33.1 C
Jakarta
15 April 2024
Senja News
AlamWisata

Nikmati Keindahan Danau Tiga Warna di Taman Nasional Kelimutu, NTT

45. Nikmati Keindahan Danau Tiga Warna di Taman Nasional Kelimutu

, Senja News – Sedang mencari-cari lokasi untuk healing Anda setelah lelah dengan pekerjaan dan hiruk pikuk perkotaan. Healing memang penting dilakukan untuk beristirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan atau kegiatan lainnya sejenak.

Healing juga banyak dilakukan untuk menghilangkan stres, cara setiap orang untuk melakukannya berbeda-beda. Ada memilih berdiam diri di dan ada juga yang memilih untuk berwisata.

Tempat rekomendasi healing yang paling direkomendasikan adalah danau tiga warna. Tempat tersebut terletak pada kawasan Taman Nasional yang berada di Nusa Tenggara Timur. Pesona ini apalagi akan cocok untuk Anda menyukai kegiatan hiking.

Tempat Healing Danau Tiga Warna di Taman Nasional Kelimutu

Danau Tiga Warna

Taman Nasional Kelimutu sendiri adalah pusatnya konservasi alam di yang didirikan sejak tahun 1992 memiliki luas wilayah hingga 5000 hektar. Namun, pada tahun 1997 diumumkan bahwa Taman Nasional Kelimutu diperlebar menjadi 5.356,5 hektar.

Nama Kelimutu diambil dari nama berada di taman tersebut yaitu Gunung Kelimutu. Sebenarnya taman ini pertama kali diumumkan sebagai konservasi alam sejak 1930 ditetapkan oleh kolonial Belanda.

Pada taman nasional Kelimutu ini terdapat danau tiga warna yang terkenal dengan pesona alamnya unik. Warna pada danau ini terus berubah-ubah membuat para wisatawan berdecak kagum dan tidak percaya alam yang seindah ini terdapat di Indonesia.

Ketiga warna sering muncul adalah merah, biru dan juga putih sehingga dikenal sebagai danau pemilih tiga warna. sekitar menganggap memiliki makna dan menimbulkan kekuatan alam yang luar biasa.

Masing-masing warnanya memiliki namanya sendiri-sendiri yaitu Tiwu Ata Polo untuk danau berwarna merah. Tiwu ua Muri Koo Fai digunakan untuk menyebut danau yang berwarna biru.

Dan terakhir, Tiwu Ata Mbupu sebutan untuk danau berwara putih. Masing-masing warna tersebut juga memiliki makna masing-masing. Seperti Tiwu Ata Polo disebut sebagai tepat jiwa orang melakukan kejahatan saat hidup.

Tiwu Nua Muri Koo Fai merupakan tempat untuk jiwa-jiwa yang meninggalnya saat masih muda. Serta Tiwu Ata Mbupu adalah tempat untuk jiwa-jiwa meninggal di usia tua.

perubahan warna terjadi tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah. Perubahannya dikarenakan komposisi mineral terkandung pada air danaunya. Selain dapat menikmati keindahan alam yang unik di danau tiga warna.

Pada Taman Nasional Kelimutu juga Anda masih bisa menikmati tempat lainnya masih berada di kawasan konservasi tersebut. Seperti salah satunya air panas Lia Sambe.

Pesona Keindahan Alam Nusa Tenggara Timur Lainnya

Selain taman nasional Kelimutu, masih banyak lagi pesona alam dimiliki oleh Nusa Tenggara Timur. Berikut ini daftar tempat wisata alam Nusa Tenggara Timur yang wajib dikunjungi saat Anda bertandang ke

1. Pantai Pink

Pantai Pink

Untuk Anda pantai dan tidak suka ke gunung, bisa mengunjungi pantai pink termasuk ke dalam kawasan taman nasional komodo. Keunikan dari pantai pink ini terletak pada warna pasirnya yang terlihat berwarna merah muda.

Itu juga sebabnya pantai ini disebut pantai pink, selain itu air lautnya juga masih sangat jernih berwarna biru cerah.

2. Pulau Padar

Pulau Padar

Lagi, keindahan alam di kawasan timurnya Indonesia memang tidak pernah gagal untuk memanjakan mata. Ada lagi tempat wisata dengan alam indah adalah Pulau Padar yang masih terletak di taman nasional komodo.

Di pulau padar Anda akan menikmati panorama alam perbukitan dikelilingi lautan biru yang luas. Untuk menikmatinya Anda harus naik ke bukit Gili Padar.

Cara healing dari setiap orang memang berbeda-beda, tetapi tujuan seseorang untuk melakukan self healing pastinya untuk melepaskan stres dan proses pengembalian fisik serta mental seseorang. Salah satu caranya bisa dengan berwisata alam melihat keindahan danau tiga warna di Taman Nasional Kelimutu.

Baca juga : Rekomendasi Smartphone 4G Harga 1 Jutaan 2022

Pos Terkait

Gedung di Taiwan Runtuh Akibat Gempa M 7,5, Layanan Kereta Api Dihentikan

Wahyuni Wahyuni

Waspada! BMKG Peringatkan Potensi Banjir di Sumatera, Jawa Tengah, dan NTT

Wahyuni Wahyuni

Peringatan Dini Cuaca Hari Ini (30/3): Hujan Deras Dibarengi Petir di Provinsi Ini

Wahyuni Wahyuni

Fenomena Gerhana Matahari 8 April 2024: Klaim Gelapnya Bumi Selama 3 Hari dan Tanggapan BMKG

Wahyuni Wahyuni

Cerita Nelayan di Bawean: Trauma Melaut karena Gempa Tuban – Saya di Tengah Laut Saat Gempa

Wahyuni Wahyuni

Peringatan Dini Cuaca untuk Rabu (27/3): Hujan Lebat, Beberapa Provinsi Berstatus Waspada

Wahyuni Wahyuni
Memuat....