26.3 C
Jakarta
18 April 2024
Senja News
KulinerWisata

Yuk! Coba Makanan Khas Indonesia yang Sehat Tapi Tetap Lezat

26. Yuk Coba Makanan Khas Indonesia yang Sehat Tapi Tetap Lezat

, Senja News yang ada di Indonesia memang tidak ada habisnya. khas Indonesia yang dan juga bergizi sudah cukup terkenal di kalangan para warga lokal hingga mancanegara. Dengan keberagaman yang kita miliki, tak heran jika bahan-bahan makanan yang menyehatkan bisa dijadikan makanan khas yang cukup enak. Beberapa memang pernah kita temui di restoran ataupun warung makan.

Meskipun rasanya masih enak, makanan khas ini banyak dijadikan makanan sehat untuk diet bagi para wanita yang sedang melakukannya. Dengan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat, tubuh kita pun akan tetap segar dan terhindar dari . Memakan makanan tradisional tidaklah kuno, namun kita bisa ambil manfaat yang ada di dalamnya.

Karena terbuat dari bahan-bahan yang aman dan terjaga kualitasnya, makanan khas Indonesia yang sehat menjadi terkenal bahkan mendunia. Kita memang sudah mengetaui, bukan, jika beberapa makanan Indonesia yang mendunia sudah banyak dan mereka menjadikan makanan-makanan tersebut, sebagai usaha kuliner mereka.

5 Makanan Khas Indonesia yang Sehat

Jumlah makanan asli Indonesia memang banyak dan beragam. Semuanya enak-enak, namun Anda jangan hanya mencari rasanya saja, kandungan yang didalamnya juga harus diperhatikan karena makanan tradisional tidak selalu sehat. Sebagai rekomendasinya, berikut 5 makanan khas Indonesia yang sehat namun tetap lezat dan harganya pun terjangkau :

 

  • Steak TempeSteak Tempe

Makanan berupa steak memang bukan asli Indonesia, steak adalah makanan yang terbuat dari daging dan dibakar. Namun, jika di Indonesia, tempe pun juga dapat dijadikan steak dengan melalui proses olahan. Disamping rasanya yang lezat, kandungan tempe yang baik juga sangat bagus untuk tubuh Anda. jangan lupa untuk disajikan pula dengan sayuran sebagai pendamping steak tempe.

  • PepesPepes

Pepes adalah makanan khas yang cukup populer dan sangat menyehatkan. Bahan utama membuat pepes pun bisa dengan , , tempe, ayam hingga jeroan. Cara memasaknya dengan dikukus ataupun dibakar dan dibungkus dengan pisang. Rasanya sungguh lezat bila disantap dengan nasi panas.

 

 

  • Perkedel kentangPerkedel kentang

Dari namanya saja kita tahu bahan utama untuk membuat ini. mengandung karbohidrat dan beberapa kandungan yang baik di dalamnya. Jika dibuat perkedel dan dihidangkan sebagai menu makan ataupun camilan, selain enak juga sangat bagus untuk .

 

 

  • GudegGudeg

Gudeg ternyata makanan yang cukup sehat untuk tubuh kita. Makanan khas dari Yogyakarta ini berbahan dasar nangka muda yang dimasak menggunakan santan. Rasanya yang gurih dan juga manis, pastinya akan menggoyang lidah Anda. harganya pun dan sekarang membeli gudeg tidak perlu ke Yogyakarta, tapi di mana-mana sudah ada.

 

  • Nasi gorengNasi goreng.

Selain enak, nasi yang ditambah dan telur serta daging juga sangat menyehatkan. Sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda yang belum tercukupi.

 

 

 

3 Kuliner Indonesia yang Menjadi Resep Makanan Sehat Untuk Diet

Jika Anda sedang diet dan ingin makan-makanan khas setiap daerah, tak usah khawatir. Ada beberapa makanan Indonesia yang sangat bagus untuk Anda yang sedang diet.

Yang pertama ada gado-gado dan ketoprak. Tahu sendiri, bukan, gado-gado dan ketoprak adalah makanan khas Indonesia yang didominasi oleh sayuran. Dalam 1 porsi gado-gado, kita bisa mendapatkan vitamin, serat, dan juga mineral yang berasal dari sayuran, kemudian dari tempe dan telur mengandung protein dan lontong yang mengandung karbohidrat.

Dan yang satunya adalah sate. Sate yang terbuat dari daging, mengandung karbohidrat, protein dan juga serat. Tapi Anda harus memakannya dalam porsi wajar saja, ya.

Tips Menikmati Makanan Sehat Agar Kandungannya Masuk Ke Dalam Tubuh

Agar makanan yang Anda konsumsi terjaga kandungannya hingga masuk ke dalam tubuh, ada beberapa untuk menikmatinya. Pertama, Anda harus mengunyahnya dengan baik dan benar serta secara perlahan agar lemak yang masuk tidak terlalu banyak.

Kemudian, makanlah dengan porsi kecil, karena jika terlalu berlebihan memang segalanya tidak baik meski makanan tersebut termasuk menyehatkan. Terakhir, imbangilah kebiasaan makan Anda dengan berolahraga seminggu 3 hingga 4 kali.

Jadi, meskipun makanan khas Indonesia yang sehat bagus untuk tubuh Anda, tapi jika tidak menerapkan tips-tips di atas, tubuh Anda juga tidak menerima gizinya.

Baca juga : 3 Makanan Unik Indonesia Ini Jarang Diketahui Tapi Rasanya Sangat Enak!

Pos Terkait

Foto Menakjubkan Bumi dari Kapal SpaceX Elon Musk

Wahyuni Wahyuni

PT PLN (Persero) membuka 6.500 kuota mudik gratis untuk tahun 2024! Yuk, simak cara mendaftarnya di bawah ini!

Wahyuni Wahyuni

Zulhas Mempertimbangkan Revisi Aturan Barang Bawaan Penumpang dari Luar Negeri

Wahyuni Wahyuni

Daftar Merek Kurma Israel yang Ditetapkan Haram oleh MUI dan Cara Pengenalannya

Wahyuni Wahyuni

Menikmati Keindahan Alam di Lokawisata Baturraden: Destinasi Wisata Tersembunyi yang Memukau

Angga

Lezat dan Gurih: Resep Sambal Goreng Kentang Ati yang Menggugah Selera

Siska
Memuat....