33.1 C
Jakarta
15 April 2024
Senja News
Gaya HidupKesehatanNews

Waspadai 5 Gejala Omicron yang Paling Sering Dialami Pasien

Waspadai 5 Gejala Omicron yang Paling Sering Dialami Pasien

Kik play untuk mendengar

, Senja News varian beberapa waktu belakangan ini menunjukkan penularan yang begitu cepat. Hal ini membuat menghimbau untuk semakin mematuhi protokol dengan ketat demi menghindari penularannya Omicron.

Seperti yang diketahui, varian Omicron pertama kali ditemukan di pada awal Januari 2022 kemaren. Akan tetapi saat ini penyebaranannya begitu cepat sehingga membuat pandemic -19 kembali waspada kembali.

Berbeda dengan varian Covid-19 lainnya, pasien yang terpapar Omicron tidak menunjukkan gejala klasik seperti demam dan kehilangan indra penciuman. Menurut Prof Tim, ilmuan di studi ZOE Covid menjelaskan bahwa gejala Omicron lebih mirip seperti gejala flu biasa.

Tidak hanya itu, pada orang yang sudah divaksin, Omicron bahkan hanya menunjukkan gejala lebih ringan yaitu seperti pilek. Hal ini membuat varian Omicron lebih sulit terdeteksi jika dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Waspadai 5 Gejala Omicron yang Paling Sering Dialami Pasien
Kemenkes ri .go.id

5 Gejala Umum Umicron yang Perlu Diwaspadai

Untuk menghindari kondisi yang lebih parah dan penyebaran semakin meluas, pemerintah telah mengumumkan beberapa gejala umum dari varian Omicron untuk diwaspadai oleh masyarakat seperti di bawah ini :

1. Sakit Kepala

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh ZOE menemukan bahwa gejala Omicron paling umum dialami oleh pasien adalah sakit kepala. Rasa sakit yang muncul di kepala bisa berbeda pada masing-masing orang mulai dari ringan hingga berat.

Perbedaan sakit kepala dari Omicron dengan sakit kepala biasa adalah muncul rasa seperti ditekan, berdenyut bahkan beberapa pasien mengungkapkan rasa seperti ditusuk pada kedua sisi kepala. Jika menunjukkan gejala tersebut, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan.

2. Pilek

Pilek juga menjadi salah satu gejala yang dialami oleh pasien Omicron. Sebagian besar pasien yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 varian Omicron menunjukkan gejala pilek ini sehingga hal ini perlu diwaspadai mengingat pilek masih sering disepelekan.

Meskipun demikian, pilek yang dialami karena infeksi Omicron ini tidak jauh berbeda dengan gejala pilek biasa. Hal ini membuat banyak pasien positif Covid-19 yang tidak disadari karena gejalanya mirip dengan pilek biasanya.

3. Sakit Tenggorokan

Gejala Covid-19 varian Omicron yang juga banyak dikeluhkan oleh pasien adalah sakit tenggorokan Gejala ini secara umum sebenarnya mirip seperti saat pilek dan radang tenggorokan biasa.

Menurut ZOE, pilek termasuk gejala ringan yang akan berlangsung tidak lebih dari lima hari. Gejala ini lebih banyak dialami oleh orang dewasa dengan usia berkisar antara 18 – 65 tahun. Hampir setengah dari keseluruhan pasien yang terpapar Omicron menunjukkan gejala ini.

4. Batuk Terus Menerus

Bagi Anda yang mengalami batur tak kunjung sembuh, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan. Hal ini karena batuk yang terjadi terus menerus juga menjadi salah satu gejala Omicron khususnya untuk jenis batuk kering.

Biasanya batuk yang menjadi gejala Omicron ini muncul sekitar beberapa hari setelah sakit. Batuk ini biasanya juga akan berlangsung sekitar empat hingga lima hari dan akan sembuh seiring virus yang melemah di dalam .

5. Bersin

Bersin juga bisa menjadi salah satu gejala dari varian Omicron. Akan tetapi gejala ini hanya dikeluhkan oleh beberapa pasien saja. Meskipun demikian, bersin juga termasuk dalam gejala Omicron yang perlu diwaspadai.

Menurut ZOE, Omicron berupa bersin ini lebih umum dialami oleh orang yang sudah divaksin. Sedangkan pada pasien yang belum divaksin lebih sering menunjukkan gejala lainnya seperti di atas.

Jika Anda menunjukkan gejala-gejala di atas, ada bainya segera lakukan pemeriksaan ke . Hal ini karena gejala varian Omicron lebih mirip dengan flu biasa sehingga banyak pasien positif yang tidak menyadari. Demi menghindari penularan, jangan lupa juga lakukan protokol kesehatan dengan baik.

Baca juga : Fakta Menarik Token ASIX Milik Anang Hermansyah

Pos Terkait

Marsda Purnawirawan Asep Adang Angkat Bicara Terkait Keterkaitan Namanya dengan Pengemudi Fortuner Berplat TNI

Wahyuni Wahyuni

Bentrok TNI AL dengan Brimob di Sorong, yang Menyebabkan 5 Anggota Terluka, Ternyata Akibat Salah Paham

Wahyuni Wahyuni

Waspada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta: Jangan Datang ke Jakarta Hanya untuk Mengubah KTP dan Kembali Lagi

Wahyuni Wahyuni

Bedanya Etika Bagi THR antara Nagita Slavina dan Ayu Ting Ting: Sultan Andara Memiliki Cara yang Berbeda Dari yang Lainnya

Wahyuni Wahyuni

Respons Tajam Tetangga Setelah Ayu Ting Ting Dicibir karena Membagikan THR Rp20 Ribu

Wahyuni Wahyuni

Penemuan Jenazah Pria Sehari Usai Mobil Es Krim Menepi di Jalan Sudirman

Wahyuni Wahyuni
Memuat....