33.1 C
Jakarta
15 April 2024
Senja News
InternasionalNews

Rusia – Ukraina Memanas, KBRI Bersiap untuk Rencana Darurat Bagi WNI

3. Rusia Ukraina Memanas, KBRI Bersiap untuk Rencana Darurat Bagi WNI

Jakarta, Senja News – Situasi yang kian memanas antara Rusia dan membuat Kementerian Luan Negeri  RI telah menyiapkan langkah antisipasi untuk memastikan keamanan bagi   di negara Ukraina jika kondisi semakin memburuk.

Direktur Perlindungan dan Badan Hukum Kemlu RI, Judha Nugraha menjelaskan bahwa pihak KBRI tengan menyiapkan langkah antisipasi sesuai dengan SOP untuk mengantisipasi kondisi darurat. Sesuai SOP standart, KBRI tengah merencanakan kontinjensi sebagai langkah antisipasi jika terjadi eskalasi situasi.

Rencana darurat ini disiapkan dengan semakin memburuknya hubungan antara Ukraina dan Rusia. Hal tersebut berkaitan dengan rumor yang menyebutkan bahwa akan melancarkan invasi ke negara pecahan Uni Soviet tersebut.

Tidak hanya itu, Rusia juga diyakini oleh pihak Barat sudah mengerahkan lebih dari 100 ribu pasukan untuk menghadapi kondisi ini. Bahkan Rusia juga telah menyiapkan alat tempur ke dekat perbatasan negara Ukraina.

Saat ini sedikitnya ada sekitar 145 WNI yang tercatat tinggal di wilayah Ukraina. Dari semua WNI tersebut, sebagian besar tinggal di wilayah Kiev dan Odesa. Meskipun demikian, pihak KBRI memastikan bahwa WNI di negara tersebut dalam keadaan dan tenang.

AS Kerahkan Pasukan Bantuan di Rumania untuk Antisipasi Konflik Rusia- Ukraina

Mengantisipasi kondisi semakin memburuk, Serikat mengirim pasukan bantuan ke Rumania. Kehadiran pasukan bantuan tersebut membawa misi untuk melindungi sayap timur dari risiko limpahan dari krisis Ukraina.

Saat ini ada sekitar 3000 tentara yang ditempatkan di Polandia dn Rumania untuk membantu memperkuat Timur. Pasukan bantuan dari AS direncanakan akan memindahkan skuadron stryker anggota layanan dari Vilseck, .

Tidak hanya Amerika Serikat saja, Perancis juga telah menawarkan diri untuk mengirimkan pasukan bantuan ke Rumania. Misinya sama yaitu ingin melindungi sayap timur Nato yang ada di negara tersebut.

Jika Rusia sampai memilih melanjutkan eskalasi ke Ukraina dengan jalan , maka Amerika Serikat siap membantu mempertahankan khususnya di wilayah kekuasaan Nato. Dengan kehadiran pasukan bantuan ini, diharapkan Rusia dan Ukraina akan segera mereda.

3. Rusia Ukraina Memanas, KBRI Bersiap untuk Rencana Darurat Bagi WNI

Ukraina Siap Menghadapi Rusia

Di tengah kabar yang menyebutkan bahwa Rusia telah siap menyerang Ukraina, negara ini ternyata tidak tinggal diam. Oleksandr Syrskyi selaku panglima angkatan darat Ukraina mengatakan bahwa masukannya sudah mulai pelatihan militer di bagian utara negaranya.

Kegiatan pelatihan militer ini dilakukan bersamaan dengan kabar yang menyebutkan bahwa Rusia akan menggelar latihan militer gabungan dengan Belarusia. Hal ini menunjukkan bahwa Ukraina siap melawan Rusia jika memang serangan militer benar terjadi.

Dalam latihan militer kali ini, Syrskyi menjelaskan bahwa pasukannya akan menguji senjata batu dari AS dan sekaligus berlatih bagaimana cara melawan serangan udara. Hal ini sebagai langkah reaksi terhadap konsentrasi pasukan Rusia  yang tengah berlatih di perbatasan Belarusia.

Selain menggelar latihan di utara, pasukan Ukraina juga akan segera untuk menggelar latihan di wilayah selatan. Pasukan Ukraina juga telah meningkatkan suatu pengintaian di daerah tersebut untuk memperkuat kerja sama dengan Amerika Serikat.

Syrskyi juga menjelaskan bahwa bukan hal mudah bagi Rusia jika ingin melakukan invasi besar-besaran ke Ukraina. Meskipun jumlah pasukan Rusia lebih dari 100 ribu akan tetapi Ukraina tidak akan gentar untuk menghadapinya.

Dengan kesiapan angkatan bersenjatanya, Ukraina yakin bahwa mampu merebut kemenangan dari Rusia juga memang terjadi serangan senjata. Hal ini juga berkat bantuan dari pasukan AS yang sudah siap di kawasan timur Ukraina.

Baca juga : Rangkuman Berita Covid Terupdate Hari Ini

Pos Terkait

Puncak Arus Balik, Lalu Lintas Tol Cikampek Arah Jakarta Macet di Beberapa Lokasi

Wahyuni Wahyuni

Marsda Purnawirawan Asep Adang Angkat Bicara Terkait Keterkaitan Namanya dengan Pengemudi Fortuner Berplat TNI

Wahyuni Wahyuni

Bentrok TNI AL dengan Brimob di Sorong, yang Menyebabkan 5 Anggota Terluka, Ternyata Akibat Salah Paham

Wahyuni Wahyuni

Gerhana Matahari Total: Prediksi Jadwal di Indonesia dan Dunia

Wahyuni Wahyuni

Iran Menegaskan Peluncuran Drone dan Rudal ke Israel

Wahyuni Wahyuni

Waspada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta: Jangan Datang ke Jakarta Hanya untuk Mengubah KTP dan Kembali Lagi

Wahyuni Wahyuni
Memuat....