24.4 C
Jakarta
30 Maret 2023
Senja News
InternasionalNews

Hasil Pemilu Kolombia, Mantan Pemberontak Terpilih jadi Presiden

78. Hasil Pemilu Kolombia, Mantan Pemberontak Terpilih jadi Presiden

Berita Mancanegara, Senja News – Pemilihan presiden baru sudah dilaksanakan pada hari Minggu kemarin (19/06/2022) di Kolombia. Hasilnya menunjuk Gustavo Petro sebagai Presiden terpilih Kolombia selanjutnya. Gustavo Petro memiliki catatan yang cukup unik karena merupakan seorang mantan pemberontak dan menghabiskan dua tahun lamanya di penjara.

Setelah keluar dari penjara gustavo Petro putar haluan menjadi politikus dan akhirnya menjadi presiden dengan meraih suara sebanyak 50,49%. Ia mampu unggul dari pesaingnya Rodolfo Hernandez seorang pengusaha kaya raya.

Walaupun berdasarkan pemilihan suara Gustavo dinyatakan telah menang dari Rodolfo Hernandez ada setidaknya 10,5 juta dari 50 juta penduduk Kolambia yang menentang pengangkatan Gustavo sebagai presiden mereka.

Hal ini membuat jalannya pemerintahan Kolombia kedepannya tidak akan dilalui dengan mudah. Sebelum mencalonkan sebagai presiden, Gustavo telah menjabat sebagai walikota Bogota pada periode 2012-2015.

Masa jabatannya juga dipenuhi dengan berbagai kontroversi dari mulai tempramennya yang terkesan selalu terburu-buru dalam mengambil keputusan dan juga sangat otoriter terutama ketika Petro bersikeras untuk melaksanakan proposalnya.

Salah satu hal yang banyak dikritik untuk Gustavo Petro pada saat menjabat sebagai walikota adalah rencana menasionalisasi pengumpulan sampah dan akhirnya hal ini berujung dengan kacau tidak sesuai dengan rencana.

Gustavo Petro akhirnya terpilih sebagai presiden Kolombia setelah dua kali mengalami kegagalan. Program kerja yang direncanakan Gustavo salah satunya adalah membuka kembali negosiasi dengan kelompok gerilya terakhir kolombia dan membongkar gembong narkoba dengan damai.

Rencana ini cukup ambisius namun harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian juga. sejauh ini Gustavo dikabarkan telah berhasil dalam menjalankan misi mengatasi perubahan iklim dengan keputusan kontroversialnya menghentikan ekspor minyak mentah bertahap meskipun itu salah satu penghasilan utama dari kolombia.

Baca juga : Mau Nonton Langsung Piala Dunia Qatar 2022, Jangan Lakukan Hal Ini

Pos Terkait

Jokowi Kunjungi SpaceX Disambut Elon Musk, Membahas Apa?

Siska

Surya Paloh Tebis Kabar Soal Sodorkan Nama Capres Ke Jokowi

Siska

Filipina Tidak Terima China Larang Soal Penangkapan Ikan

Siska
Memuat....
error: Content is protected !!