29.7 C
Jakarta
4 Maret 2024
Senja News
KesehatanNasionalNews

Pendemi Belum Selesai, Kasus Covid-19 Naik Lagi

72. Pendemi Belum Selesai, Kasus Covid-19 Naik Lagi

Berita Dalam Negri, Senja News – Tren kasus covid-19 naik lagi beberapa hari terakhir kasus terkonfirmasi positif menyentuh angka lebih dari 1000 per harinya. Hal ini diduga karena merebaknya virus corona varian omicron dan subvarian BA.4 dan BA.5 yang membuat penyebarannya lebih cepat daripada varian sebelumnya.

Budi Gunadi juga memprediksikan bahwa angka kasus ini akan naik kembali karena peningkatan kasus yang terjadi pada negara lain dan penemuan kasus pertama terkait subvarian BA.4 dan BA.5.

Dengan situasi ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi memberikan pernyataan bisa saja PPKM atau pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat akan diberlakukan kembali jika angka kasus harian terus menanjak.

Meskipun menteri kesehatan sudah memprediksikan hal tersebut, Presiden Joko Widodo berharap kasus ini tidak terus naik. Untuk bisa mengantisipasi prediksi lonjakan tersebut Joko Widodo mengandalkan vaksinasi booster.

Masalahnya masih banyak orang yang menolak untuk menerima vaksin booster padahal stok vaksin ada puluhan juta untuk masyarakat yang sudah disediakan oleh pemerintah Indonesia.

Walaupun adanya kenaikan kasus Presiden Jokowi menjelaskan bahwa positivy rate ini masih di bawah standar dari WHO. WHO menetapkan standar positivy rate masuk ke level lebih tinggi jika ada 20 kasus pada setiap 100.000 penduduk.

Untuk Indonesia sendiri jika sudah mencapai angka kasus konfirmasi positif hingga 7.700 per harinya maka level transmisi Indonesia akan masuk ke level 2. Saat ini karena masih sekitar 1000 perharinya maka Indonesia masih termasuk ke level 1 menurut standar WHO.

Untuk menjaga kasus harian covid tidak terus menanjak, pemerintah menghimbau untuk masyarakat segera mendapatkan vaksin booster. Anda bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi PeduliLindungi atau tempat-tempat yang menyediakan fasilitas vaksinasi booster gratis.

Baca juga : Pilihan Paket Internet untuk Jamaah Haji, Tidak Perlu Ganti Kartu lagi

Pos Terkait

Kenaikan Suara PSI Menyita Perhatian: Dugaan Operasi dan Reaksi Tersebar

vina sejati

Mengurai Dinamika Pemilu 2024: Sorotan PSI, Perubahan Parliamentary Threshold, dan Usulan Fraksi Threshold

vina sejati

Besok akan dilaksanakan razia besar-besaran, Ribuan Petugas Gabungan Siapkan Operasi Keselamatan Nasional di Seluruh Indonesia

Siska

Potensi Perbedaan Awal Puasa Ramadhan 1445 H, Menag Mendorong Kebersamaan dan Toleransi Antar Umat Islam

Siska

Kementerian Perhubungan Indonesia Kembali Menggelar Program “Mudik Gratis” untuk Masyarakat

Siska

Prabowo Subianto: Potensi Indonesia dalam Menghasilkan Energi dari Sumber Nabati Membuat Negara Lain Terkagum-kagum

Siska
Memuat....