33.1 C
Jakarta
24 Februari 2024
Senja News
Kuliner

Kue Kering untuk Camilan: Resep Kue Sus Goreng

Kue Kering untuk Camilan: Resep Kue Sus Goreng

Resep Kue Sus Goreng, Senja News – Kue sus yang mungkin biasa Anda jumpai adalah kue basah yang berukuran sedang dan memiliki isian vla yang manis. Kue sus yang biasa dijual di pasar pun memiliki tekstur yang lembut dan mengembang, sehingga paduannya pas dengan vla di dalamnya. Namun tahukah Anda bahwa kue sus sebenarnya terbagi menjadi dua, yakni kue sus basah dan kue sus kering?

Kue sus basah adalah kue sus yang dijelaskan di awal artikel tadi, yakni kue sus yang berukuran besar, teksturnya lembut dan mengembang, serta memiliki isian vla yang manis.

Selain itu, kue sus basah dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven. Sedangkan kue sus kering adalah kue sus yang berukuran lebih kecil atau mini, dan biasanya tidak memiliki isian karena ukurannya yang kecil.

Kue sus kering pun dimasak dengan cara digoreng sehingga memiliki tekstur yang kering dan renyah. Namun kini kue sus kering sudah banyak yang hadir dengan isian vla, bahkan pada beberapa resep kue sus kering, sudah tersedia isian asin atau savoury seperti kornet atau keju. Kedua jenis kue sus ini sama-sama sedap rasanya dan cocok untuk dijadikan camilan, namun jika Anda lebih menyukai kue sus yang berukuran kecil sehingga praktis disantap, Anda bisa mencoba resep kue sus goreng berikut ini.

 

Bahan-Bahan:

-125 gram tepung terigu berprotein sedang

-100 gram margarin

-250 ml air matang

-1/4 sdt garam

-60 gram keju cheddar, diparut halus

-3 butir telur

-1/2 sdt baking powder

 

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama sebagai cara membuat kue sus goreng adalah mendidikan air yang sudah dimasukkan oleh margarin. Margarin nantinya akan meleleh sendiri di dalam air yang mendidih. Biarkan air yang sudah dicampur margarin hingga mendidih, kemudian matikan api dan sisihkan.
  2. Setelah itu, masih di dalam wadah yang sama dengan air mendidih, masukkan tepung terigu, aduk rata terlebih dahulu, kemudian nyalakan api kecil. Sambil menyalanya api, aduk terus adonan hingga menjadi kalis dan adonan tidak menempel pada tepi panci. Jika adonan sudah begitu, matikan api dan diamkan adonan hingga hangat.
  3. Angkat wadah tersebut dari atas kompor, kemudian masukkan telur satu persatu dan lakukan sambil mengaduk adonan. Setelah adonan rata, masukkan keju parut serta baking powder, kemudian aduk lagi hingga adonan menjadi rata.
  4. Adonan Anda pun sudah siap! Langkah keempat dalam resep kue sus goreng adalah menggoreng adonan kue. Pertama-tama, masukkan adonan kue ke dalam piping bag yang sudah dilengkapi dengan spuit atau ujung yang bergerigi pada ujung piping bag.
  5. Panaskan minyak, kemudian masukkan adonan kue Anda yang sudah dicetak terlebih dulu menggunakan piping bag ke dalam penggorengan. Adonan kue sus goreng ini sangat mudah gosong, jadi cukup gunakan api sedang dan jangan terlalu lama dalam menggorengnya. Lakukan hal ini hingga adonan kue sus goreng Anda habis.
  6. Tiriskan kue sus goreng Anda yang sudah matang, tunggu hingga agak hangat, kemudian sajikan! Sebagai pelengkap, Anda dapat menyajikan kue sus goreng ini dengan taburan gula halus atau cokelat yang sudah dilelehkan.

 

Tips:

  • Sebenarnya terdapat dua cara untuk memasak adonan kue sus goreng, yaitu dengan menggoreng dan memanggang. Jika Anda memilih cara memanggang, hasil kue sus goreng Anda biasanya akan tampak lebih rapi. Caranya, semprotkan adonan kue di atas loyang yang sudah diolesi dengan margarin dan jangan lupa memberikan jarak antara satu dengan yang lainnya. Kemudian panggang dengan oven bersuhu 190 derajat Celcius selama 15 menit. Turunkan suhu menjadi 130 derajat Celcius untuk 25-30 menit berikutnya.
  • Jika Anda ingin memberikan isi pada kue sus goreng, bentuk adonan kue dengan membulat-bulatkannya menggunakan sendok. Masukkan isi yang Anda inginkan pada adonan kue dan tutup lagi dengan cara dibulatkan.

 

Nah, itulah beberapa bahan yang dibutuhkan dan langkah yang harus Anda lakukan dalam resep kue sus goreng. Oh iya, masukkan kue sus goreng Anda yang sudah matang ke dalam wadah kedap udara ya, agar kerenyahannya terjaga dan tidak menjadi alot saat hendak dimakan. Selain kue sus goreng, Anda dapat mencoba juga resep kue sus basah yang memiliki ukuran lebih besar serta isian yang lebih banyak. Selamat mencoba!

Baca juga : Kue Basah Tradisional Khas Indonesia: Resep Kue Putri Ayu

Pos Terkait

Anda Pecinta Seafood? Ini Dia Resep Tom Yum Seafood Super Lezat!

Siska

Resep Sponge Cake Lembut Ini Hanya Membutuhkan Waktu 10 Menit, Lho!

Siska

Resep Kue Good Time untuk Kudapan Sore Hari Anda

Siska
Memuat....