27.1 C
Jakarta
24 September 2023
Senja News
Kuliner

Kue Mungil nan Cantik: Resep Kue Mangkok Gula Merah

Kue Mungil nan Cantik: Resep Kue Mangkok Gula Merah

Resep Kue Mangkok Gula Merah, Senja News – Kue mangkuk gula merah adalah salah satu sajian kue tradisional khas Indonesia, dan khususnya banyak ditemukan di tanah Jawa. Kue mangkuk gula merah digunakan sebagai hantaran atau penganan khas untuk upacara adat atau acara-acara hajatan di Jawa, sehingga kehadirannya menjadi cukup spesial.

Kini, kue mangkuk gula merah juga banyak digunakan pada momen lebaran serta pernikahan sebagai pencuci mulut.

Rasanya yang manis dan legit sangat disukai oleh banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa. SelainĀ  itu, kue mangkuk gula merah memiliki tekstur yang lembut dan empuk, sehingga semakin menambah cita rasa pada kue tradisional ini.

Cara membuat kue mangkok gula merah biasanya dilakukan menggunakan cetakan kue khusus yang terbuat dari keramik, namun kini cetakan kue ini sudah tersedia dalam berbagai bahan lain. Langkah lain yang harus diperhatikan dari memasak kue mangkuk gula merah ini adalah mengukus sebentar loyang atau cetakan kue sebelum digunakan, sehingga adonan nantinya tidak akan lengket atau menempel pada loyang. Tak sabar ingin mencobanya sendiri di rumah? Ini dia resep kue mangkok gula merah untuk Anda.

Baca juga : Referensi Camilan Renyah dan Sedap: Resep Kue Bawang Keju

 

Bahan-Bahan Utama:

– 225 gram gula merah

– 50 gram gula pasir

– 250 ml santan, encer yang terbuat dari Ā½ buah kelapa

– 225 ml air

– 250 gram tepung beras

– 25 gram tepung sagu

– 1 sdt ragi instan

– 1/4 sdt vanili

– 1/2 sdt garam

– 2 lembar daun pandan

– 5 lembar daun jeruk

 

Bahan-Bahan Pelengkap:

– 100 gram kelapa yang diparut kasar

– 1/4 sdt garam

– 1 lembar daun pandan

 

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama dalam resep kue mangkok gula merah ini adalah merebus beberapa bahan secara bersamaan. Rebus gula merah, gula pasir, daun pandan, daun jeruk dan air bersamaan. Lakukan langkah ini hingga bahan-bahan tersebut larut. Jika sudah larut, matikan api lalu saring dan tunggu hingga dingin. Sisihkan.
  2. Di dalam wadah yang berbeda, masukkan tepung beras, lalu campurkan dengan tepung sagu dan ragi instan. Aduk ketiga bahan hingga rata, lalu tuangkan air rebusan gula merah tadi ke dalam adonan tepung secara perlahan dan sedikit demi sedikit. Lakukan hal ini sambil terus diaduk dan diuleni hingga air rebusan habis.
  3. Setelah itu, masukkan vanili, garam serta santan ke dalam adonan tadi secara perlahan dan sedikit demi sedikit juga. Lakukan hal ini sambil dikeplok-keplok juga selama 20 menit.
  4. Jika adonan sudah diaduk merata, diamkan adonan selama 3 jam.
  5. Setelah didiamkan selama 3 jam, saatnya mengukus adonan kue. Sebelumnya, panaskan cetakan kue terlebih dulu selama 10 menit.
  6. Setelah dipanaskan sebentar, tuangkan adonan ke dalam cetakan kue hingga memenuhi seluruh bagian cetakan kue.
  7. Kukus adonan kue selama 20 menit menggunakan api besar. Jika sudah matang, angkat dan tunggu hingga dingin.
  8. Kue mangkuk gula merah Anda pun sudah jadi dan siap untuk disantap!

 

Resep kue mangkok gula merah ini akan menghasilkan 20 buah kue mangkuk berukuran sedang. Resep ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama, namun hasilnya Anda akan mendapatkan kue mangkuk lucu bewarna merah maroon yang siap mempercantik acara-acara kecil Anda di rumah. Kue mangkuk gula merah ini dapat Anda bungkus menggunakan kertas kue bewarna-warni, lalu disajikan untuk acara-acara di rumah seperti arisan, kumpul dengan keluarga, atau pengajian. Kue mangkuk gula merah ini juga cocok untuk menemani waktu santai Anda di sore hari.

Baca juga : Resep Masakan dari Daging Sapi: Swedish Meatball, Bakso Ala Swedia

Pos Terkait

Referensi Kue Kering untuk Lebaran: Resep Kue Bangkit Susu yang Manis dan Renyah

Siska

Resep Masakan dari Daging Sapi: Swedish Meatball, Bakso Ala Swedia

Angga Web

Perbedaan Cara Masak Sayur Asem Khas Betawi dan Khas Sunda

Siska
Memuat....
error: Content is protected !!