29.9 C
Jakarta
28 Maret 2023
Senja News
Kuliner

Lengkapi Santai Sore Anda dengan Resep Kue Pukis Istimewa Ini!

Lengkapi Santai Sore Anda dengan Resep Kue Pukis Istimewa Ini!

Resep Kue Pukis Istimewa, Senja News – Terdapat banyak sekali jajanan khas Indonesia yang memiliki cita rasa serta tekstur yang bervariasi. Mulai dari jajanan yang manis hingga asin atau savoury, Indonesia punya! Beberapa jenis jajanan khas Indonesia yang masih dapat Anda temukan di pinggir jalan hingga kini di antaranya adalah kue cubit, kue pukis, kue putu, kue ape, dan lain-lain. Nah, kali ini kami akan memberikan Anda resep kue pukis istimewa untuk dicoba di rumah!

Kue pukis sendiri merupakan sebuah jenis jajanan khas Indonesia yang memiliki bentuk setengah lingkaran, dan dimasak dengan cetakan kue yang cekung ke dalam. Dimasaknya pun tidak menggunakan oven, melainkan hanya dimasak di atas kompor menggunakan cetakan kue tadi. Kue pukis memiliki adonan kue yang mirip seperti kue cubit, waffle atau pancake yang manis dan agak gurih.

Hal ini menjadikan kue pukis dapat Anda buat dengan kreativitas dan dimodifikasi sebebas-bebasnya. Kue pukis biasanya disajikan dengan tambahan topping di atasnya, mulai dari keju, meises, atau kacang. Anda dapat mengikuti cara membuat kue pukis istimewa yang sudah dimodifikasi berikut ini.

Baca juga : Referensi Resep Kue Basah dari Tepung Beras: Kue Lapis Kenyal dan Manis ala Indonesia

 

Bahan-Bahan:

– 250 gram tepung terigu

– 250 gram gula pasir

– 4 butir telur

– 300 ml santan

– 1 sdt ragi instan

– 3 sdm margarin

– selai cokelat favorit

– fruity pebbles atau sereal favorit Anda

 

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama dalam resep kue pukis istimewa kali ini adalah mengayak tepung. Hal ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan tepung yang lebih halus, sehingga hasilnya pun akan lebih bagus. Setelah mengayak tepung terigu, campurkan dengan ragi instan, lalu aduk hingga rata.
  2. Di dalam wadah yang berbeda, masukkan telur dan gula pasir, lalu kocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang. Kocok adonan selama beberapa menit atau hingga teraduk sempurna.
  3. Setelah rata, masukkan adonan tepung dan ragi instan secara perlahan dan tetap sambil dikocok menggunakan mixer. Setelah itu, masukkan santan dan aduk lagi hingga rata.
  4. Jika adonan sudah tercampur rata, diamkan adonan pada suhu ruangan selama 30 menit. Hal ini akan membiarkan ragi instan untuk bekerja, agar adonan kue menjadi agak mengembang.
  5. Langkah selanjutnya adalah memasak adonan kue pukis istimewa. Sebelum itu, siapkan dulu loyang atau cetakan kue yang akan Anda gunakan. Olesi cetakan kue menggunakan margarin yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu panaskan sebentar sebelum adonan kue dimasukkan.
  6. Masukkan adonan kue pukis hingga memenuhi ¾ cetakan kue. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang bagi adonan kue yang akan sedikit mengembang saat dimasak.
  7. Tunggu hingga adonan matang dengan melihat apakah bagian sisi adonan sudah mengeras. Jika sudah matang, angkat kue pukis dan biarkan hingga dingin.
  8. Setelah kue pukis yang sudah matang agak dingin, olesi bagian datarnya dengan selai cokelat favorit Anda.
  9. Jika sudah diolesi rata, terakhir, taburkan fruity pebbles atau sereal kesukaan Anda secukupnya pada bagian atas yang sudah diolesi. Sereal ini akan memberikan tekstur renyah sehingga dapat melengkapi cita rasa kue pukis istimewa Anda.
  10. Kue pukis istimewa siap disajikan dengan secangkir teh atau kopi hangat!

 

Bagaimana? Bahan-bahan yang diperlukan serta langkah-langkah yang harus dilakukan pada resep kue pukis istimewa ini tidak terlalu sulit, bukan? Anda dapat membuatnya sewaktu-waktu saat sore hari. Oh iya, Anda dapat mengganti selai cokelat dengan selai buah atau selai kacang sesuai selera. Taburannya pun dapat Anda ganti dengan kacang-kacangan seperti almond. Slurrrp!

Baca juga : Referensi Kue Kering untuk Lebaran: Resep Kue Bangkit Susu yang Manis dan Renyah

Pos Terkait

Resep Kue Good Time untuk Kudapan Sore Hari Anda

Siska

Resep Kue Tradisional dari Singkong: Kue Pukis Singkong yang Sedap dan Sehat

Siska

Resep Kue Kering Modern: Macaroon, Dessert Cantik nan Manis dari Perancis

Siska
Memuat....
error: Content is protected !!