33.1 C
Jakarta
24 Februari 2024
Senja News
NewsReligi

klarifikasi Khalid Basalamah, Tentang Videonya yang Mengenai Musnahkan Wayang

klarifikasi Khalid Basalamah, Tentang Videonya yang Mengenai Musnahkan Wayang

Kik play untuk mendengar

Jakarta, Senja NewsKhalid Basalamah melakuan klarifikasi dan sekaligus meminta maaf atas video potongan tahun lalu di mesjid blok M jakarta, di channel youtubenya yaitu Khalid Basalamah Official.

Sebelumnya video potongan tersebut viral dan menghebohkan warganet karena ceramahnya terkait wayang. Dia dituding mengharamkan wayang dan akan dilaporkan ke polisi setempat dengan bukti video potongan tersebut.

Namun  Ustad Khalid Basalamah, dia menjelaskan dan klarifikasi bahwa tentang videonya masalah wayang itu di jawab menjadi 3 bagian, yaitu

1. Lingkupnya

Menurutnya pengajian kami dan jawaban seorang Dai Muslim kepada penanya muslim itu dulu batasnya, ujar Ustad Khalid Basalamah. Dan saya pada saat ditanyakan masalah wayang, saya mengatakan alangkah baiknya dan kami sarankan agar baiknya menjadi islam sebagai tradisi jangan menjadikan tradisi menjadi islam dan tidak ada kata-kata saya dihitung mengharamkan, saya mengajak agar menjadikan islam sebagai tradisi. Makna kata-kata ini juga kalau ada tradisi yang sejalan dengan islam tidak ada masalah, dan kalau bentrok sama islam ada baiknya di tinggal kan, ini sebuah saran, ujarnya.

2.  Pada Saat Penanya Menanyakan Bagaimana Tobatnya Seorang Dalang ?

Pertanyaan ini kami jawab dengan sebenarnya lingkupnya kalau ada menanyakan bagaimana taubatnya seorang pedagang, seorang guru misalnya, di sebutkan profesinya maka saya sebagai Dai muslim menjawab umumnya kaum muslimin kalau bertaubat dan setiap muslim pasti akan merasa bahagia, senang kalau diajak bertaubat dan memang jawabanya adalah taubat nasuha kembali kepada allah dengan taubat yang benar, Ujar Ustad Khalid Basalamah.

3. Klarifikasi Kata musnahkan wayang

Jadi kalau ada orangnya memang taubat misalnya disini dia seorang dalang, kalau dia sudah tahu lebih, tidak mau lagi melakukan itu maka mau di apakan wayang-wayang ini, saya katakan untuk dia secara individu dimusnahkan sebatas itu, saya sama sekali tidak berfikir ataupun punya niat untuk menghapuskan ini dari sejarah nenek moyang Indonesia atau misalnya menyuruhmu dalang-dalang bertobatlah kepada Allah SWT, atau misalnya semua wayang harus dimusnahkan. Dan itu hanya Anda yang mau melakukanya, itu hak Anda. Kami sedang ditanya mohon maaf lingkup ditahlilkan, pungkasnya.

Berikut video klarifikasinya :

Baca juga : Baru Rilis, Ini Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Tab S8 Series

Pos Terkait

Turki Tutup Pengiriman Rudal S-400 ke Ukraina Melawan Rusia

Siska

Akhirnya Indra Kenz Meminta Maaf, Soal Binomo

Angga

Cara Memakai Hijab Pashmina Simpel Tanpa Ribet

Siska
Memuat....